Kegiatan Cash For Work (CFW) Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS dilaksanakan di warung Zmart Ibu Aat Solihat, Kp. Tanjung, 002/001, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, (13/5) bersama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satu relawan BAZNAS dalam aksi CFW yakni Ibu Aisyah N Fitri (28) yang memiliki latar belakang sebagai pedagang makanan ringan dan minuman mengungkapkan bahwa beliau merasakan dampak akibat wabah COVID-19 meyebar di Kabupaten Garut, jika dalam keadaan normal warung Ibu Aisyah menjadi tempat jajan yang sudah pasti ramai di kunjungi oleh oleh anak-anak di sekitar kampung tersebut hingga mampu mendapatkan omzet mencapai Rp 1.000.000, namun semenjak mewabahnya COVID-19 omzet turun drastis hingga kurang lebih di bawah Rp 500.000

Ibu Asiyah sangat bersyukur dengan adanya program CFW ini, karena bisa mengurangi beban resiko karena kurangnya pemasukan harian yang biasa beliau dapat.

Adapun realisasi kegiatan hari ini yaitu dengan pembagian 20 box nasi, 60 (masker, penutup kepala dan sarung tangan), kemudian dilanjutkan edukasi masyarakat dan pemasangan poster edukasi di tiap titik terdampak.

CFW merupakan kegiatan yang dilaksanakan LPEM BAZNAS sebagai bentuk aksi sosial kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha sebagai relawan BAZNAS, selanjutnya mereka akan diikutsertakan dalam kegiatan berbagi nasi box, masker, penutup kepala dan sarung tangan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menempelkan beberapa poster di setiap titik Zmart. Di akhir kegiatan, relawan BAZNAS akan mendapatkan voucher sembako senilai Rp 300.000 yang dapat ditukarkan di warung Zmart terdekat.

Kegiatan CFW ditujukkan kepada pelaku UMKM yang terdampak dari pandemi COVID-19, dimana kegiatan tersebut sangat di apresiasi oleh para relawan CFW, karena dengan adanya bantuan sembako dapat membantu untuk keperluan sehari-hari.
#BAZNAS
#LpemBaznas
#CashForWork
#BaznasTanggapCovid-19
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment