Antusias Mustahik Binaan BAZNAS Mengikuti Penyuluhan dari Dinas Kesehatan

Jakarta,  17 September 2019, berlokasi di aula Dinas Kesehatan Jakarta Timur telah berlangsung kegiatan penyuluhan mengenai alur pembuatan Sertifikat Produk Pangan-Indutri Rumah Tangga (SPP-IRT) dan kelas kewirausahaan. Kegiatan online yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Jakarta Timur ini dihadiri juga oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Dalam kegiatan ini , Badan POM menjelaskan tentang peraturan perundang-undangan, cara produksi pangan yang baik, keamanan suatu pangan, bahan-bahan tambahan pangan  dan standard  pembuatan kemasan serta label.

Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini diantaranya agar industri rumah tangga mempunyai pemahaman tentang alur pengajuan legalitas produk, informasi terhadap bahan tambahan pangan, pentingnya sanitasi,  dan peserta bisa mendapatkan sertifikat sebagai salah satu syarat pengajuan SPP-IRT.

Lembaga Pemberdayaan Ekonomi mustahik (LPEM) BAZNAS turut mengiriman mustahik binaannya dalam mengikuti kegiatan ini. Digawangi oleh pendamping program, Sdr. Anwar bersama Sembilan orang mustahik binaan BAZNAS, diantaranya adalah Ayu Sapitri, Ratri Mulyana, Siti Nur Racmah dan Maryati, dengan usaha olahan kerupuk mie, Dewi Indriyani dengan produk jamu yang ia kemas menggunakan botol, Sugiyanto dengan produk olahan kripik tempe, Heda Irmawati dengan aneka kuenya,  Dita Kurniawati dengan produk olahan kentang, dan Yuyum Rumsiah dengan produk susu kedelai yang ia kemas menggunakan botol.

Kegiatan berlangsung secara komunikatif, dikarenakan banyak dari peserta yang tidak segan untuk memberikan pertanyaan dan langsung dijawab oleh narasumber. Para peserta juga membawa beberapa produk olahannya ke lokasi penyuluhan, sehingga dapat bertukar informasi dengan peserta lain atau dengan pihak Suku Dinas Kesehatan dan Badan POM yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan diakhiri dengan materi strategi kewirausahaan skala UMKM yang di sampaikan oleh Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, dan dipenghujung kegiatan dilanjutkan dengan post test terhadap materi-materi yang sudah disampaikan oleh narasumber, sehingga peserta diharapkan paham terhadap materi-materi yang disampaikan oleh narusumber.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan mustahik mampu menciptakan inovasi dan diversifikasi produk, serta paham mengenai pentingnya legalitas terhadap produk yang sudah mereka buat sehingga bisa membuka peluang menuju gerbang kesuksesan.

#LembagaPemberdayaanEkonomiMustahik

#ZakatTumbuhBermanfaat