Kabupaten Bekasi (28/12). Pada masa pandemi COVID-19 ini, Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Mustahik Pengusaha telah melakukan inisiasi program pemberdayaan ekonomi dengan membangun unit usaha Waralaba Fried Chicken dengan brand Z-Chicken yang berkelanjutan dengan pangsa pasar yang luas.

Kini, LPEM BAZNAS kembali kembangkan program Z-Chicken di wilayah Kabupaten Bekasi, diawali dengan pelatihan memasak fried chicken bersama 20 mustahik binaan yang berlokasi di Yayasan Madinatul Iman, Kel. Sukaindah, Kec. Sukakarya, Kab. Bekasi.

Pelatihan dipandu oleh trainer dari Distribution Center (DC) Z-Chicken Bogor, Helmi Fansury dan Agung Wijaya serta dipimpin oleh pendamping program Mustahik Pengusaha, Arif Rahman dan Rusnadi. Kegiatan pada (28/12) dimulai dengan pengecekan suhu menggunakan thermogun, pemakaian hand sanitizer dan pembagian celemek untuk memproteksi badan peserta dari kotoran saat memasak.

Kegiatan pertama dilanjutkan dengan pemberian motivasi usaha dalam memanfaatkan momen kegiatan pelatihan ini dengan sebaik mungkin, serta mengingatkan mitra usaha untuk menjaga amanah, semangat dan komitmen dalam menjalankan usaha Z-Chicken, karena dana bantuan ini berasal dari dana zakat, infaq, sedekah muzaki yang diamanahkan ke BAZNAS untuk disalurkan.

Dilanjutkan materi pertama oleh Helmi Fansury dengan memperkenalkan peralatan dan bahan baku usaha Z-Chicken sebagai product knowledge untuk mitra ZChicken, dan potensi bisnis ke depan, serta reward bagi mitra yang pembeliannya aktif dan progresif.

Sharing Experience luar biasa yang meledakkan semangat mitra dilanjutkan praktek memasak fried chicken yang dipandu oleh Agung Wijaya dari mulai mempersiapkan bahan-bahan, mencampurkan ayam dengan tepung serta memasak dengan kompor deepfryer hingga warna kecoklatan dan matangnya merata. Diakhir kegiatan, seluruh mitra mendapatkan bahan baku ayam dan tepung untuk dapat dipraktekkan kembali di rumah masing-masing.

Ketua kelompok Z-Chicken Kab. Bekasi, Warman Toyo (30) mengungkapkan dengan adanya pelatihan Z-Chicken, kami jadi mengetahui cara memasak yang benar, karena akan menjadi modal utama kami untuk menjalankan usaha Z-Chicken ini. Saya pribadi juga mengucapkan terimakasih kepada LPEM BAZNAS dan kepada para Muzaki BAZNAS semoga berkah, diberi kesehatan serta dimudahkan segala urusannya.

Sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan dan penyaluran program Z-Chicken di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, DKI Jakarta dan Kota Depok. Diharapkan dengan adanya program Z-Chicken mampu menopang ekonomi mustahik sehingga dapat menjadi muzaki di masa yang akan mendatang.

#LPEM
#BAZNAS
#MUSTAHIKPENGUSAHA
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment