Kamis (03/09), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS telah menginisiasi program BAZNAS Millennial Preneur sebagai program pengembangan pemuda dhuafa dengan harapan dapat membangun jiwa kemandirian, mengembangkan usaha serta membentuk karakter wirausaha muda yang produktif dan dermawan.

Menurut koordinator program pengembangan usaha, Raden Ahmad mengungkapkan bahwa kegiatan yang berlangsung melalui video conference ini berlangsung secara baik dan antusiasme peserta yang tidak ada habisnya dalam bertanya seputar materi yang disampaikan.

Materi pertama diawali dengan tema “Motivasi Berwirausaha” oleh Syafii Efendi selaku President of Organization of Islamic Coorporation (OIC) Indonesia dan dalam penyapaiannya beliau mengatakan, “..orang yang menjadi entrepreneur itu harus bertindak lebih banyak. Harus berteman dengan pengusaha lainnya karena orang sukses itu relasinya bagus. Karena seorang entrepreneur itu salah satu fokusnya adalah Networking”. Sesi materi Syafii Efendi ini dibuka sesi diskusi dengan empat penanya yang semuanya merupakan peserta dari program BAZNAS Millenial Preneur dan sesi ini berakhir pada pukul 11.30 WIB.

Materi kedua diisi oleh Bapak Jaya Setiabudi selaku Vounder dan Direktur Young Entreprenur Academy (YEA) dengan tema “Peluang Bisnis Masa Depan”, pada kelas ini peserta program diminta untuk berdiskusi perihal usaha yang mereka jalani. Mulai dari cara mengelola usaha, aspek apa saja agar usaha dapat bertahan lama, hingga bagaimana cara rebranding produk agar usaha yang dijalankan dapat dilakukan sesuai kapasitasnya masing-masing.

“Menjadi seorang pengusaha itu yang terpenting keberanian, Ilmu yang sama serta cara kita melakukan usaha harus penuh dengan inovasi dan kreasi” kata Jaya Setiabudi pada sesi ini.

Kegiatan hari ini diakhiri oleh kelas dari Bapak Dr. Irfan Syauqi Beik selaku Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI dengan tema “Pemuda dan Ekonomi Islam”. Ditengah sesi kelasnya, beliau mengatakan bahwa kedepannya peserta program ini nantinya bisa memadukan takwa dengan harta yang dapat sejalan di kegiatan sehari-hari. Saat diskusi berlangsung terdapat 7 peserta yang berpartisipasi dalam diskusi sore hari ini yang bertanya dan membahas perihal ekonomi umat, perkembangan ekonomi dan persoalan yang terjadi di Indonesia hingga perihal bagaimana bertahan dan mampu berjuang di tengah keadaan ini.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#BAZNASMillennialPreneur
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment