Bogor (02/03). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui Program Lumbung Pangan telah mengembangkan budidaya sayuran organik di Kel. Margajaya, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, dengan mengembangkan rumah semai seluas 50 meter persegi dan lahan seluas 2000 meter persegi.

Kelompok Tani Dewasa (KTD) Flamboyan binaan BAZNAS merupakan kelompok tani yang telah diberikan bantuan pengembangan usaha tani sejak Desember 2020 lalu, dimana saat ini telah membangun rumah semai dan mengelola lahan seluas 200 meter persegi.

Sebagai bentuk apresiasi atas program Lumbung Pangan BAZNAS di Kota Bogor, maka dilaksanakan kunjungan dan aksi tanam bibit bersama Bapak Wakil Walikota Bogor, Dedi A Rachim, Lurah Margajaya, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bogor, perwakilan LPEM BAZNAS dan seluruh mustahik binaan BAZNAS dari KTD Flamboyan.

Wakil Walikota Bogor dalam kunjungannya mengungkapkan bahwa potensi lahan di Kel. Magrajaya cukup besar dan diharapkan masyarakat bisa mengembangkan secara maksimal dari lahan yang sudah dikelola bersama oleh KTD Flamboyan. Beliau meyakini selama masyarakat dan anggota KTD Flamboyan siap bekerja sama, maka kemajuan KTD Flamboyan bukanlah hal yang mustahil.

Acara dimulai dengan kunjungan lokasi semai sayuran, kunjungan lahan pertanian dan dilanjutkan dengan menanam bibit sayuran bersama di lahan. Adapun jenis tanaman yang akan dilakukan budidaya oleh KTD Flamboyan yaitu sawi, pakcoy, caisin, selada, kangkung, jambu air dan jambu kristal, sedangkan untuk pupuk menggunakan pupuk organik cari yang terbuat dari sampah rumah tangga.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBAZNAS
#LumbungPangan

Leave a Comment