Bogor (4/2). Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu destinasi wisata batik Kota Bogor yang terletak di Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Melalui pendampingan yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS terhadap para pembatik, kini mereka telah memiliki berbagai macam produk turunan yang dapat langsung dipakai oleh konsumen pecinta batik Kota Bogor.

Salah satunya Batik Sadulur kini telah berinovasi dalam pengembangan produk turunan mereka dengan mengikuti peluang trend fashion terbaru. Dibutuhkan tekad yang kuat dalam menentukan inovasi terbarukan dalam pengelolaan batik. Hasilnya kini sudah mulai terlihat dengan terealisasinya berbagai macam produk turunan di bidang fashion.

Fitriasani (28th) satu dari 4 orang pembatik kelompok Batik Sadulur mengungkapkan bahwa inovasi yang dikembangkan Batik Sadulur merupakan hal baru bagi mereka. Berkat bimbingan yang telah mereka terima tentang pelatihan menjahit dan pemasaran produk, kini mereka sudah mulai beradaptasi dengan produk turunan mereka.

“Alhamdulillah kini Batik Sadulur mampu membuat baju batik fashion anak dan remaja untuk wanita dan laki-laki. Inovasi ini awalnya saya terima dari Batik Pancawati, sebelumnya fashion anak merupakan produk lama Batik Pancawati, dari produk batik anak ini dibangun kembali oleh Batik Sadulur.” ujar Fitriasani.

Selanjutnya produk batik anak oleh pengrajin batik di Kp. Batik Cibuluh akan segera diproduksi dan dijual. Semoga langkah demi langkah mustahik pengrajin batik bisa menghadapi masa pandemi ini dengan terus berupaya mencari inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk perkembangan usaha batiknya.

Informasi pemesanan dapat menghubung pendamping program, Rizky melalui nomor 0812-1278-1191 atau melalui instagram di @ampungcibuluhofficial.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBaznas

MustahikPengusaha

Kp.BatikCibuluh

Leave a Comment