Bogor (22/6) – Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS mengadakan ToT (Training of Trainer) kepada pendamping-pendamping program BAZNAS di Jabodetabek. Training dibawakan oleh Pak Tarjoni selaku Praktisi Pertanian Urban yang telah memiliki pengalaman selama 10 tahun menekuni bidang tersebut. Pelatihan dihadiri 8 orang dari LPEM dan pendamping program bertempat di Dramaga, Kel. Margajaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

Materi pelatihan yang diberikan terkait tiga materi utama kegiatan Menanam di Rumah yaitu Budikdamber, Tasabulampot, dan Hidroponik Sederhana. Pelatihan dilakukan dengan diberikan seminar singkat terkait materi dilanjutkan dengan praktik di lapangan. Kegiatan ini dilakukan agar pendamping program selaku pemberi edukasi di masyarakat mengerti dan paham betul terhadap materi yang akan mereka sampaikan nanti kepada mustahik binaannya.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang diberikan karena merupakan hal yang sangat baru bagi mereka. Kebanyakan peserta merupakan pendamping UMKM di wilayah kota atau urban, sehingga belum familiar dengan dunia pertanian apalagi pertanian urban. Materi budikdamber atau budidaya ikan lele dalam ember yang disertai penanaman kangkung menjadi materi favorit karena keunikan dan kemudahan dalam pelaksanaannya.

Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pendamping memberikan edukasi materi tersebut dan menyebarkannya ke masyarakat sekitar serta akan dilaksanakan kegiatan menanam di rumah dilokasi dampingan LPEM BAZNAS lainnya. Tujuan akhir dari edukasi ini adalah terciptanya desa mandiri pangan serta terbentuknya urban farming skala agribisnis yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Kegiatan Menanam di Rumah merupakan program yang diangkat oleh LPEM untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat terutama di wilayah urban untuk melaksanakan kegiatan pertanian sederhana. Harapannya dari kegiatan ini, masyarakat dapat membentuk ketahanan pangan mandiri skala keluarga.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#MenanamdiRumah
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment