Sebagai bentuk pencegahan Covid-19, pemerintah ttelah menghentikan sementara layanan antar jemput penumpang via aplikasi ojek online dan hanya dapat melayani pesan antar makanan dan barang. Dengan adanya peraturan tersebut, dapat berimbas pada penurunan pendapatan para driver ojek online.

Menanggapi hal tersebut, BAZNAS telah menginisiasi program Cash For Work (CFW) sebagai bentuk upaya meningkatkan taraf hidup para pelaku usaha dan penyedia jasa yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Hari Jumat (10/04), telah dilaksanakan aksi CFW di 6 titik yang terdampak yaitu di Pasar Manggis Jakarta Selatan, Cipayung Depok, laladon Bogor, Padasuka Bogor, Cipondoh Tangerang dan Cidadap Bandung.

Salah satu relawan BAZNAS yakni Muhammad Rizky (44) seorang dirver ojek online yang tinggal di Kelurahan Laladon, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Saat ini pak Rizky mengalami penurunan orderan hampir 60% saat mulai menyebarnya virus Covid-19, dimana sebelumnya beliau dapat menghasilkan keuntungan bersih sampai 2 juta perbulannya.

“alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, kami senang karena dapat membantu kebutuhan pokok kami, selain itu kita dapat mengetahui cara hidup bersih dan sehat” ujar pak Rziky saat ditemui pendamping BAZNAS.

Setidaknya pada aksi hari ini, terdapat ada 549 KK yang rumahnya telah disemprot, 60 mustahik penerima voucher Zmart dan 5 warung saudagar Zmart yang diberikan tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan.

Aksi CFW memiliki berbagai macam kegiatan, mulai dari edukasi kepada pelaku usaha, penyemprotan desinfektan, pembuatan tempat cuci tangan sederhana di warung Zmart dan pemberian voucher sembako yang dapat ditukarkan di warung Zmart kepada relawan BAZNAS.

kedepannya, aksi ini akan terus dilaksanakan sampai tanggal 23 April 2020. Diharapkan seluruh mustahik pelaku usaha dapat terpenuhi kebutuhan dasar ekonominya dan penyemprotan desinfektan dapat mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19.

#BAZNAS
#BaznasTanggapCovid-19
#LpemBaznas
#CashForWork
#LekasPulihIndonesia 
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment