Rabu (22/04), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS mengadakan kegiatan Cash For Work (CFW) di daerah Cilandak sebagai inisiasi Aksi Tanggap COVID-19. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pangan pelaku usaha yang mengalami dampak akibat pandemi Covid-19 dengan mengikutsertakan mereka ke dalam aksi, Wiwik (47) merupakan salah satu pelaku usaha terdampak yang mengikuti kegiatan ini.

Menurut pendamping Zmart wilayah Jakarta, Achmad Fariz Rizki , Wiwik mengalami penurunan omzet pada usaha Es Seduhnya hingga sebesar 50% selama masa pandemi COVID-19, sehingga membuat Wiwik sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok dirinya dan keluarga.

“Para pelaku UMKM kian merasakan dampak dari COVID-19 terhadap usahanya, yakni salah satunya adalah menurunnya omzet penjualan setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan masyarakat saat ini mulai waspada akan dampak dari penyebaran COVID-19 dengan mengurangi minat membeli produk makanan dan minuman siap saji,” Jelas Fariz.

Pendamping program memberikan edukasi dan pemahaman tentang pola hidup sehat kepada Wiwik, dan memberikan edukasi cara mencegah penyebaran COVID-19 dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di lingkungan sekitar dan cara pembuatannya.

Kegiatan CFW memiliki berbagai macam kegiatan, diantaranya edukasi seputar Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penyemprotan cairan desinfektan di rumah warga sebanyak 511 KK dan sarana umum, pemasangan 6 tempat cuci tangan sederhana di titik Zmart dan pemberian voucher Zmart senilai Rp 200.000,00 kepada 60 relawan BAZNAS yang dapat ditukarkan dengan paket sembako di warung Zmart terdekat.

Aksi CFW dilaksanakan di 6 titik terdampak yaitu, Kel. Pasar Rebo, Jakarta Timur; Kel. Cipayung Jaya, Depok; Kel. CIpete Selatan, Jakarta Selatan; Kel. Grogol Utara, Jakarta Selatan; Kel. Pela Mampang, Jakarta Selatan dan Kel. Cigadung, Kota Bandung

Aksi ini telah berjalan sebanyak 97 titik dan direncanakan akan terus berlangsung sampai tanggal 23 April 2020. Diharapkan Kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat, dapat memotivasi warga untuk menjalankan protokol pencegahan penyebaran COVID-19, dan membantu masyarakat yang terimbas dampak ekonomi.

Leave a Comment