BAZNAS Ajarkan Pembukuan Keuangan dan Stock Opname Kepada Mustahik

Kelompok Zmart Darul Mutaqin binaan LPEM BAZNAS mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh 10 anggota. Pertemuan kelompok ini dilaksanakan di kediaman ibu Rusmiyati, salah satu site anggota kelompok di Jalan Rajawali 6, Inkoppol, Jakapermai, Bekasi Barat. Pendamping program memimpin pertemuan dengan agenda pembahasan materi pemberdayaan retail, tindak lanjut pengembangan usaha ritel mustahik oleh BAZNAS, serta kumpul rutin silaturrahim yang didampingi oleh dua pendamping program Zmart, Fauzan dan Mujahid.

Pada agenda materi pemberdayaan ritel, pendamping memulai dengan melakukan review terhadap pemahaman individu kelompok mengenai pembukuan keuangan. Hal ini cukup penting untuk menentukan metode pengajaran yang tepat untuk setiap mustahik, karena setiap mustahik memiliki tingkat pengetahuan yang berbeda tentang pembukuan keuangan. Pendamping juga menyampaikan secara singkat bahwa pembukuan keuangan yang setiap pekannya mustahik laporkan bukan semata-mata bertujuan menyusahkan mereka, tetapi untuk memudahkan LPEM dalam menganalisis perkembangan warung Zmart mereka. Hal lain yang pendamping sampaikan terkait materi pemberdayaan ritel ialah mulainya pengenalan mengenai materi stock opname. Hal ini sangat penting dalam usaha ritel, mengingat perputaran transaksi yang cukup cepat dan beragam, mustahik perlu tahu cara menganalisis produk mana yang perlu di stok lebih banyak, produk mana yang tidak begitu disukai atau dibutuhkan pelanggan, dan bagaimana cara melakukan forecasting supply chain.

Tindak lanjut yang akan dilakukan oleh pendamping terkait pertemuan ini ialah memantau laporan pembukuan keuangan mustahik dan monitoring secara bertahap mengenai stock opname yang dilakukan saat pertemuan kelompok maupun monitoring individu.

Leave a Comment