Garut (20/03). BAZNAS melalui program Lumbung Pangan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) berikan fasilitas pengolahan kopi kepada mustahik binaan dalam program pengembangan usaha Kelompok Petani Kopi “Giri Mekar” di Ds. Cikandang Kec. Cikajang Kab. Garut. Fasilitas yang diberikan ini berupa rumah fermentasi berukuran 25 m2.

Yaya (68th) selaku ketua kelompok tani kopi Giri Mekar mengungkapkan bahwa pada bulan ini kegiatan pengolahan belum terlalu banyak dikarenakan musim panen kopi baru akan dimulai pada bulan ramadhan nanti, tetapi setidaknya menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh kelompok. Pasalnya, kegiatan ini menjadi salah satu harapan mereka untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil panen yang di peroleh.

“Berbagai macam bantuan pengembangan usaha diberikan BAZNAS dalam rumah fermentasi seperti rumah pengeringan, mesin pulper, drum fermentasi dan alat penunjang kegiatan pengolahan kopi lainnya,” ujar Yaya.

Ditahun sebelumnya petani kopi Giri Mekar hanya menjual hasil tani kopi berupa biji cery kopi dengan harga jual sangat murah, terlebih di masa pandemi ini harga cery kopi sangatlah anjlok dengan kisaran harga 4.000 sampai 5.000 rupiah/kg nya. Sementara itu, jika diolah menjadi gabah terlebih dahulu, harga jual pada saat ini dikisaran 16.000, tentu harga ini termasuk masih rendah karena pandemi, biasanya harga gabah kopi mencapai 20.000 sampai 25.000 per kg nya.

Kelompok tani kopi Giri Mekar yang beranggotakan 10 petani kopi kini telah memelihara tanaman kopi di lahan seluas 6,8 hektar dengan 1 tahun usia tanam, sedangkan untuk masa panen kopi yaitu di umur 2 tahun. Pengolahan kopi saat ini merupakan hasil budidaya petani kopi sebelum dibantu oleh BAZNAS, sehingga seluruh petani akan terus mengolah biji kopi. Mudah-mudahan dengan telah dimulainya pengolahan kopi di Kel. Giri Mekar ini menjadi jembatan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

BadanAmilZakatNasional
PilihanPertamaPembayarZakat
LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

InovasiBerkaryaUntukUmat

BAZNASLPEM

LumbungPangan

Leave a Comment