Rabu (17/02). Salah satu mustahik binaan Program BAZNAS Millennial Preneur (BMP) Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM), Zuyin Arwani (25th) di Jl. Murai I Blok E-18 No. 7 RT006/RW010, Kel. Kuta Baru, Kec. Pasar Kemis, Kab. Tangerang merupakan pemilik produk tahu krispi dengan brand “Toufu Chips”. Saat ini, ia mengembangkan pemasaran melalui media online dan marketplace berkat pelatihan dan pendampingan dari program BMP.

Zuyin telah membuka usahanya sejak Juni tahun lalu, Zuyin memilih tahu sebagai bahan dasar produknya. Toufu Chips bukanlah produk pertamanya, sebelumnya Zuyin sudah memulai wirausaha sejak lama. Mulai dari minuman dan makanan yang kala itu memang sedang viral atau musiman. Namun pada pertengahan tahun 2020, Zuyin mulai fokus dengan produk Toufu Chips.

Sebelum menggunakan brand “Toufu Chips”, Zuyin memakai nama “Doufusia Chips”. Berkat aktifnya Zuyin pada sesi training class BMP dan atas saran mentornya, ia mengubah nama produknya yang lebih menarik dan mudah saat penyebutannya. Brand “Toufu Chips” nya pun juga sudah ia daftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) untuk paten merek usahanya.

Toufu Chips sendiri dijual dengan harga Rp 15.000,- dengan suguhan enam varian rasa seperti Balado, Cokelat, Geprek, Original, Sambal Matah dan Jagung Bakar. Setiap harinya ia melakukan produksi untuk pemesanan yang masuk, mulai dari wilayah Jabodetabek hingga di beberapa kota di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Untuk pemasaran produknya ia menggunakan marketplace yang sudah ada seperti Tokopedia dan Shopee, serta merambah sosial media seperti Instagram, Facebook dan juga WhatsApp. Selain itu, Zuyin juga memulai bermain digital marketing sejak awal tahun 2021 ini. Zuyin rela mengorbankan pendapatannya hingga mengalami penurunan omzet sebesar 62% untuk pemasangan iklan di website dan beberapa platform.

Kedepannya ia berharap dari hal yang ia lakukan dapat meningkatkan interest dari calon pelanggannya sehingga ia bisa mencapai target omzet yang diberikan oleh mentornya, serta dapat membantu pendapatan dalam keluarga.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUmat

LPEMBAZNAS

BAZNASMillenialPreneur

MustahikPengusaha

Leave a Comment