Jakarta (19/01). Berbagai inovasi dilakukan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menyikapai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di wilayah DKI Jakarta, yang mengharuskan masyarakat mengurangi aktivitas di malam hari. Hal tersebut berdampak negatif bagi pendapatan pelaku usaha yang memiliki jam operasional malam seperti pedagang nasi goreng, sate dan lain sebagainya. Untuk itu BAZNAS melalui pendamping program mendorong strategi tepat dalam menyikapi PSBB untuk berjualan.

Seperti yang dilakukan oleh Triyono (45) pedagang Sate Padang binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Jl. Letjend Suprapto, Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan menggunakan strategi pengubahan jam dagang lebih maju dari setelah ashar hingga pukul 10 malam.

Saat dijumpai oleh pendamping LPEM BAZNAS, Kevin Arthur Herivo di tempat biasa pak Triyono menjajakan sate padangnya, ia mengungkapkan bahwa kebijakan PSBB membawa pengaruh bagi usahanya, sehingga harus memajukan jam operasionalnya, dan Alhamdulillah sejauh ini mampu mendapatkan laba bersih dan mulai stabil di kisaran 100.000 sampai 150.000 perharinya.

“Dengan adanya PSBB Jakarta, saya memutuskan untuk memulai jualan lebih cepat, dimana sebelumnya jam 5 sore saya baru keliling, sekarang jam setengah 4 sore saya sudah harus keliling serta pulang sebelum jam 10 malam dan karena konsumen relatif tidak ada di atas jam segitu.” ujar Triyono

Lebih lanjut Kevin yang mendampingi kelompok Sate Padang akan senantiasa menguatkan motivasi kepada mustahik dan memberi masukan strategi apa yang tepat untuk menstabilkan omzet usaha di tengah kebijakan PSBB ini.

“Dalam keadaan pandemi seperti ini, pendamping memberikan ruang sharing untuk mustahik, mengenai hal apa yang menjadi kendala mereka saat ini, serta memberikan problem solving terhadap strategi pemasaran yang tepat. Hal demikian juga diterapkan oleh Triyono dalam melakukan perubahan jadwal dagang, dan terbukti cukup efektif.” Imbuh Kevin

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#MustahikPengusaha

Leave a Comment