Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS terus menginisiasi program pengembangan masyarakat di tengah new normal Covid-19. Program ini meliputi membuka peluang usaha produktif bagi mustahik, salah satunya melalui program frozen food di Depok.

Ilham Kholiq (48) merupakan salah satu mustahik program yang sebelumnya bekerja sebagai kepala koki di TEA ADDICT restaurant. Kemudian, ia di PHK dari tempat bekerjanya karena adanya pengurangan karyawan akibat pandemi Covid-19. Sejak adanya program, Ilham kembali miliki penghasilan tetap karena telah menjalankan usaha jualan frozen food di Sawangan Baru, Kota Depok.

Menurut Ilham, ia memulai usaha frozen food karena merasa bahwa makanan beku saat ini sedang dimininati masyarakat karena kemudahan dalam pengolahannya. Selain itu, makanan beku mampu bertahan lebih lama apabila disimpan di dalam lemari es. Kemampuan dan passion Ilham dalam memasak juga menjadi alasan Ilham menjalankan usaha ini.

Usaha Frozen food yang merupakan program dari LPEM BAZNAS ini bertujuan untuk menjaring masyarakat yang terdampak Covid-19 agara dapat survive dan menjalani aktivitas usahanya tanpa hambatan. Sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya walau di tengah pandemi.

Ilham mensyukuri atas kenikmatan yang telah Allah berikan kepadanya, sebagai rasa syukurnya Ilham saat ini terus berinovasi dalam segi pemasaran produknya mulai dari belajar foto produk kekinian dengan memanfaatkan bahan dan kamera handphone sederhana.

Kedepannya Ilham akan berusaha mendaftarkan legalitas usaha BPOM MD untuk produknya, karena sebagai UMKM kuliner jenis frozen food sudah semestinya mengantongi izin edar tersebut.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment