Sukabumi (16/03). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan terus mengupayakan pemberdayaan mustahik petani dari hulu hingga hilir sehingga mampu meningkatkan serta menumbuhkembangkan jiwa wirausaha bagi seluruh petani binaan BAZNAS.

Dua orang petani kelompok tani “Sari Alam” yakni Agus (40th) dan Nasir (41th) binaan BAZNAS di Desa Cibatu, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi mengikuti kegiatan pengembangan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) oleh Balai Pelatihan Tanaman Pangan (BAPELTAN) di Kelompok Wanita Tani (KWT) Maya Wortel yang beralamat di Desa Purbawati, Kec. Sukabumi, melalui Identifikasi Kebutuhan Latihan (IKL).

Menurut Nasir, pelatihan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan jiwa wirausaha mulai dari hulu hingga hilir bagi seluruh petani binaan BAZNAS di Kab. Sukabumi, sehingga nantinya petani akan langsung memasarkan produk hasil budidaya petani ke konsumen. Selain petani binaan BAZNAS, ada 4 petani lainnya yang mengikuti kegiatan tersebut, yakni dua petani dari Kec. Caringin dan dua petani dari Kec. Sukaraja.

Identifikasi Kebutuhan Latihan (IKL) merupakan salah satu bentuk kompetensi dasar sebelum melaksanakan pelatihan, tentunya ini salah satu bentuk dukungan pemerintah Propinsi Jawa Barat dalam meningkatkan jiwa wirausaha para petani. Dalam kegiatan IKL ini metode penyampaian dilakukan dengan sistem diskusi dan wawancara oleh Widyaiswara dari BAPELTAN dan ditutup dengan pengisian kuesioner sebagai dasar calon peserta pelatihan.

“Adapun pelatihan yang akan dilaksanakan oleh petani adalah pelatihan “Pertanian Organik Berbasis Kewirausahaan” baik untuk petani maupun PPL, untuk waktu pelaksanaan direncanakan setelah idul fitri.” ujar Nasir.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

LumbungPangan

Leave a Comment