Jumat (24/7), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melakukan edukasi pencatatan keuangan sederhana pada Kelompok Jasa Vermak Pekalongan di Kelurahan Paseban, Kota Jakarta Pusat.

Pertemuan kali ini dipimpin langsung oleh pendamping program Mustahik Pengusaha, Kevin Arthur dan dilakukan di tempat terbuka untuk memberi suasana baru dan lebih fresh agar mustahik mampu memahami bagaimana cara penyusunannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada mustahik bagaimana pengelolaan keuangan usaha yang baik agar tidak habis tak berbekas. 

Pendamping Mustahik Pengusaha, Kevin Arthur Herivo menuturkan pemahaman mengenai pencatatan keuangan pada mustahik binaan LPEM BAZNAS menjadi aspek penting yang wajib dipahami. Adapun peserta pelatihan terdiri dari 8 orang peserta di kelompok Vermak dan Reparasi Busana di wilayah Paseban.

“Masih sedikit UMKM yang sudah sadar dan terbiasa dalam mencatat setiap transaksi keuangan usaha. Untuk tahap awal mustahik diberikan edukasi untuk mencatat omzet dan keuntungan secara rutin. Dengan mencatat keuangan, akan terlihat apakah usahanya mengalami naik atau turun. Selanjutnya dari hasil tersebut bisa dievaluasi agar pendapatannya dapat meningkat sehingga target menjadi muzaki semakin dekat,” ujarnya.

Priyadi (36) salah satu mustahik kelompok vermak batik pekalongan, menambahkan bahwa ia menjadi lebih memahami pentingnya mencatat keuangan.

“Biasanya sih saya tidak tahu berapa hasil dari usaha vermak ini setiap bulanya, yang penting cukup buat makan aja. Tapi dengan adanya pertemuan kali ini, jadi kebuka pikiran saya untuk membiasakan mencatat penghasilan. Jadi lebih rinci berapa yang kami dapat. Tadi juga disampaikan untuk konsisten menabung, jangan habis smua buat makan. Ya mau saya coba, walaupun kondisi sedang menurun seperti sekarang ini,” ungkap Bapak 36 tahun tersebut.

BAZNAS melalui program Mustahik pengusaha, melakukan pendampingan terhadap penerima manfaat program secara intens dan menyeluruh. Selain aspek ekonomi, aspek sosial , aspek budaya hingga aspek keagamaan menjadi aspek penting dalam pendampingan yang wajib disampaikan BAZNAS kepada binaanya. Harapanya, mustahik bisa berdaya secara ekonomi, juga meninhkat secara karakter dan keimanannya.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment