Kelompok UMKM Kopi Sepeda binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melakukan pertemuan rutin kelompok di Jl. Kawi-Kawi Bawah, Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (04/06) dengan mengusung materi pengelolaan dan pengembangan aset usaha.

Kegiatan edukasi diikuti sebanyak 3 pedagang kopi sepeda BAZNAS dan dipimpin oleh pendamping program BAZNAS dengan pemahaman kepada mustahik mengenai bagaimana pengelolaan dan pengembangan aset usaha.

Materi pengelolaan dan pengembangan aset usaha merupakan tindak lanjut dari perkembangan usaha kopi sepeda BAZNAS. Diketahui bahwa pada bulan Mei, rata-rata keuntungan yang diperoleh oleh pedagang kopi sepeda sebesar 5 Juta rupiah.

Dengan adanya peningkatan pendapatan usaha, maka perlu dilakukan bimbingan agar mustahik memiliki pengetahuan bagaimana mengelola perolehan hasil usaha mereka dan didistribusikan menjadi aset produktif atau minimal ditabung agar tidak terdorong untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

Pendamping juga mendorong agar keuntungan yang didapat bulan lalu bisa di arahkan untuk pengelolaan aset usaha seperti untuk melakukan maintenance sepeda yang spare partnya kurang optimal karena pemakaian,” ujar Kevin.

Salah satu mustahik yang terlibat dalam pertemuan kelompok ini, Nawawi (30) menuturkan bahwa materi kali ini menjadikannya sadar terhadap pengelolaan aset usaha.

“Alhamdulillah, saya selalu antusias setiap mengikuti pertemuan kelompok, karena materi-materi yang diberikan menarik dan bermanfaat seperti dipertemuan kali ini, saya semakin melek untuk mengerem keinginan membeli hal-hal konsumtif yang tidak mendesak. Tadi dijelaskan barang-barang apa yang konsuntif dan produktif, lalu perawatan aset usaha, menabung atau investasi sampai kemungkinan penambahan aset usaha agar bisa ikut bertambah pula pintu penghasilannya,” tutur Nawawi.

Kelompok Kopi Sepeda Kwitang merupakan kelompok UMKM yang terdiri dari pedagang kopi sepeda binaan LPEM BAZNAS yang terletak di wilayah Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Selain mendapatkan bantuan berupa modal usaha dan alat investasi, mereka juga mendapatkan pendampingan intensif agar tidak hanya aspek perekonomiannya saja yang meningkat, tetapi juga ada peningkatan di aspek SDM mustahik, aspek sosial, aspek budaya dan aspek spiritual mustahik.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

MustahikPengusaha

Leave a Comment