Jakarta (01/02). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS berikan edukasi kepada kelompok Kopi Sepeda Kwitang di Jalan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, dengan tujuan memberikan pemahaman terkait ruang lingkup legalitas usaha terkait makna dan manfaatnya.

Kelompok Kopi Sepeda Kwitang merupakan salah satu kelompok binaan BAZNAS dan telah mendapatkan bantuan alat investasi sepeda serta bantuan modal usaha. Farhan (26), salah satu pedagang kopi yang ikut serta dalam kegiatan ini menuturkan bahwa ia baru kali memahami tentang legalitas usaha.

“Materi legalitas atau perizinan usaha hal yang sangat baru bagi pedagang kecil seperti saya. Saya baru mengetaui bahwa ternyata setiap pelaku usaha walau kecil juga harus memiliki izin usaha dan manfaat dari izin usaha tersebut.” tutur Farhan

Saat ini, advokasi dan edukasi perijinan usaha penting dilakukan kepada pelaku Usaha terutama pelaku usaha binaan BAZNAS agar usaha mereka bisa terekam oleh negara. Diperlukan banyaknya edukasi yang dilakukan BAZNAS kepada pelaku usaha terkait legalitas usaha, mengingat bahwa ruang lingkup dan menerapkan perijinan usaha merupakan kewajiban bagi pelaku usaha itu sendiri.

Oleh karena itu, momentum pertemuan kelompok binaan BANZAS menjadi harapan besar bagi pedagang kopi binaan BAZNAS. Seluruh mustahik pelaku usaha binaan agar mengetahui ruang lingkup dan manfaat legalitas usaha serta mendaftarkan perijinan usahanya.

Follow up dari kegiatan ini, pendamping akan membantu pendaftaran legalitas usaha kopi sepeda berupa pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Ijin Usaha Mikro Kecil). Mustahik kopi sepeda BAZNAS juga akan terus didampingi usahanya baik dalam segi pengembangan usaha maupun dari segi penguatan SDM melalui penyampaian materi-materi yang terdapat silabus program.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBaznas

Leave a Comment