Ada berbagai cara yang dapat dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 yang kini tengah mewabah di Indonesia. Misalnya, dengan menjaga daya tahan tubuh serta kebersihan diri dan lingkungan.

Selain mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, ternyata penggunaan disinfektan juga diperlukan. Hal ini bertujuan untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri di sekitar kita, termasuk coronavirus.

Desinfektan merupakan cairan pembersih pada umumnya yang dibuat dengan bertujuan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang terdapat pada ruangan atau permukaan benda mati.

Disinfektan digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak. Contohnya, gagang pintu, meja, kursi, keran wastafel, lemari, dan lain-lain. Disinfektan mengandung konsentrasi biosida yang tinggi. Maka dari itu, disinfektan lebih efektif dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara paparan infeksi virus atau bakteri berbahaya bila dihirup atau disentuh manusia.

BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) melakukan edukasi mengenai pembuatan desinfektan untuk pencegahan COVID-19 di rumah Ibu Rokiyah di Jl. Sawangan Permai RT. 002/009 No. 38 Sawangan Baru, Sawangan, Depok, Kamis (26/03). Upaya yang dilakukan adalah mendorong Mustahik untuk bisa memahami dalam pembuatan desinfektan dengan menggunakan alat sederhana, berupa air, pemutih, karbol wangi, pembersih lantai, hingga semprotan, disaat waktu senggang untuk mencegah wabah COVID-19.

Kegiatan ini dilakukan karena beberapa hari terakhir COVID-19 kini tengah mewabah di Indonesia, yang diakibatkan dari salah satunya belum memahami penggunaan desinfektan dengan menggunakan alat sederhana yang bisa kita dapatkan di rumah.

Saat ditemui oleh pendamping Mustahik Pengusaha, Buky Fathan Suhada di rumah Ibu Rokiyah, beliau nampak berantusias dalam mempelajari cara pembuatan desinfektan dengan menggunakan air, pemutih, karbol wangi dan pembersih lantai. Nantinya Ibu Rokiyah dapat dengan mudahnya membuat desinfektan tanpa harus menunggu penyemprotan desinfektan masal.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk aksi BAZNAS terhadap mustahik binaan dalam mencegah penyebaran COVID-19 yang tengah merebak di masyarakat dan memastikan produk olahan terjamin kebersihannya.

BAZNAS

BaznasTanggaCovid-19

LPEM

MustahikPengusaha

SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment