Dalam mengelola sebuah usaha (warung) manajemen pengelolaan keuangan tentu menjadi salah satu hal yang sangat penting. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penentu maju atau mundurnya sebuah usaha. Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Zmart memberikan edukasi terkait pentingnya manajemen pengelolaan keuangan dengan tujuan agar Saudagar Zmart menerapkannya dalam setiap transaksi.

Edukasi tersebut disampaikan oleh pendamping program Zmart pada pertemuan kelompok rutin Zmart di dua lokasi Kabupaten Garut, yaitu kepada kelompok “Mulya” Kp. Jati Tarogong Kaler dan Kelompok “Hegar Manah” Kp. Umbul Tengah, Kec. Tarogong Kidul.

Nina Nurhayati (26th) saudagar Zmart di Kp Umbul Tengah, Kel. Jayawaras, mengungkapkan bahwa ketertarikannya akan pengelolaan uang pada pelaku usaha ritel. Dengan adanya pertemuan rutin oleh pendamping BAZNAS, saudagar mampu mengetahui kebutuhan usaha dan pribadi masing masing.

“Alhamdulillah, sekarang telah diberikan tugas selama satu bulan kedepan untuk membiasakan diri dalam pencatatan keuangan. Pencatatan dimaksudnya untuk mengetahui berapa pemasukan dan pengeluaran dalam sebulan serta membatasi pengeluaran yang sifatnya kurang bermanfaat.” ujar Nina

BAZNAS akan terus mendorong dan memprioritaskan pengeluran untuk keperluan warung serta menyisihkan sebagian pemasukan untuk ditabung sebagai keperluan pokok atau sebagai modal kembali. Rencananya pengembangan usaha akan menambahkan stok barang fast moving agar perputaran keuangan saudagar dapat lebih cepat.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#Zmart

Leave a Comment