Garut (25/11). Pendampingan kelompok saudagar Zmart “Hegarmanah” binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS telah dilaksanakan di Kp. Tanjung, 002/001, Kel. Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, membahas pentingnya manajemen pengelolaan usaha bagi pelaku usaha ritel.

Pada kesempatan kali ini, Ramdan Maulana selaku pendamping program Zmart memberikan beberapa materi terkait sadar akan adanya kompetitor usaha, manajemen warung, dan pentingnya perencanaan program bagi saudagar Zmart. Adapun penyampaian materi tersebut dilakukan dengan metode dua arah, yaitu saling bertukar informasi antar saudagar Zmart dengan tujuan agar semua saudagar Zmart dapat menyampaikan ide gagasannya dan menjadi masukan bagi saudagar lainnya.

Pendamping juga memberikan informasi mengenai menjamurnya mini market saat ini. Hal ini dapat berdampak terhadap keberlangsungan warung-warung tradisional, seperti penurunan omzet bahkan tidak sedikit hingga ada yang gulung tikar.

Pendampingan kali ini juga bertujuan agar para saudagar Zmart lebih semangat dalam mengembangkan warung mereka. Sehingga, saudagar Zmart bisa tetap survive di tengah persaingan yang ada.

Pentingnya manajemen pengelolaan usaha sudah tentu menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan usaha. Pendamping menyampaikan secara sederhana bahwa saudagar Zmart didorong agar dapat disiplin dalam manajemen keuangan usahanya dengan tidak mencampuradukkan antara pendapatan warung dengan kebutuhan di luar warung. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab sulit berkembangnya warung-warung tradisional. Maka dengan adanya pendampingan, BAZNAS mampu mendorong saudagar Zmart agar terbiasa dengan memisahkan kebutuhan dominan masyarakat untuk warungnya.

Di akhir sesi diskusi, pendamping juga memberikan PR kepada saudagar Zmart untuk kembali melakukan penyusunan barang-barang jualannya dengan rapih dan disusun berdasarkan pos-posnya masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar dapat memudahkan konsumen dalam memilih barang dagangan saat berbelanja di warung Zmart.

#BAZNAS
#LPEM
#Zmart
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment