Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melakukan pendampingan dengan tema pengelolaan dan pengembangan aset usaha pada kelompok Ben Mulyo Amanah, Kel. Bedahan, Kec. Sawangan Kota Depok, (23/10). Pendamping Mustahik Pengusaha LPEM BAZNAS, Buky Fathan menjelaskan bahwa pendampingan ini merupakan salah satu intervensi yang dilakukan terhadap 15 mustahik binaan LPEM ditujukan agar dapat mengelola dan mengembangkan aset usahanya.

Sebelum memasuki materi tersebut, para mustahik mengumpulkan tugas yang merupakan PR pada pertemuan kelompok bulan sebelumnya. PR tersebut seputar pemanfaatan tools sniply sekaligus praktek penggunaannya. Setelah itu, pendamping melakukan brainstorming kepada para binaannya untuk mengindentifikasi peluang usaha lain yang potensial di wilayah masing-masing. Hal ini sebagai upaya untuk mendapatkan peluang kerjasama dengan pemilik produk lokal. Nurain (50th) yang merupakan salah satu mustahik kelompok Ben Mulyo Amanah mengungkapkan bahwa ia menjadi lebih teredukasi tentang strategi menganalisis potensi usaha.

Setelah itu, pendampingan dilanjutkan dengan melakukan pembahasan mengenai pengelolaan dan pengembangan aset usaha untuk mengidentifikasi aset yang dimiliki. Pada pendampingan kali ini juga dilakukan edukasi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) hingga kehigienisan usaha dengan diberikannya contoh untuk membuat job safety analysis.

Dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini diharapkan para mustahik dapat mengelola & mengembangkan aset usaha yang dimilikinya.Selain itu, pendampingan kali ini juga diharapkan mampu mendorong mustahik binaan untuk memahami dan menyusun strategi pengembangan usaha bersama guna untuk persiapan kemandirian program.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment