Senin (04/05), Penyebaran pasien positif COVID-19 meningkat dari hari ke hari. Berdasarkan data dari covid.go.id, hingga hari ini sudah mencapai 11.587 pasien. Hal ini berdampak pada kebutuhan ekonomi khususnya para pelaku UMKM dan pekerja rentan lainnya.

Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS telah menginisiasi kegiatan aksi Cash For Work (CFW) yang merupakan bagian dari kegiatan Ramadhan LPEM sekaligus sebagai aksi tanggap COVID-19. Aksi CFW hari ini diperuntukkan bagi pelaku UMKM dan pekerja rentan yang terdampak COVID-19 sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan pangannya untuk sehari-hari.

Aksi CFW dilaksanakan di 5 titik terdampak, yaitu Kemayoran, Jakarta Pusat; Ciampea, Bogor; Jaticempaka, Bekasi ; Ciracas, Jakarta Timur dan Sukamaju, Depok

Aksi CFW kali ini berbeda dengan sebelumnya, dimana para relawan BAZNAS mendistrubusikan paket buka puasa berupa makanan cepat saji yang dipesan oleh mustahik binaan BAZNAS dan sejumlah masker, hairnet dan sarung tangan yang diberikan kepada masyarakat sekitar dengan latar belakang pedagang rongsok, pedagang ikan, pedagang es dan pedagang gorengan.

Disamping itu dalam CFW itu turut memberikan edukasi pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) demi mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas serta imbauan untuk menjaga higenisitas usaha mustahik.

Aksi CFW kali ini merupakan aksi tahap II dengan target 50 titik dan 500 penerima voucher sembako Zmart, dimana nantinya setiap relawan akan mendapatkan voucher senilai 300.000 setelah melaksanakan aksi CFW.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#CashForWork
#BaznasTanggapCovid-19
#LekasPulihIndonesi
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment