Sabtu (18/7), Belasan warga Depok sangat antusias dalam mengikuti pelatihan Budidaya Ikan dalam Ember atau lebih dikenal dengan “budikdamber”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Lumbung Pangan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Bedahan, Sawangan, Kota Depok.

Budikdamber sendiri merupakan teknik budidaya ikan beserta sayuran dalam satu tempat yang lazimnya menggunakan media ember. Teknik ini menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan ditengah keterbatasan lahan, khususnya di perkotaan.

“Saya baru tahu ternyata budidaya ikan bisa dengan alat yang sederhana tanpa harus membuat empang, kedepannya Insya Allah saya akan menambah jumlah ember untuk budidaya yang lebih banyak,” ujar Amnah.

Kegiatan menanam di rumah dengan menggunakan metode budikdamber ini merupakan momentum untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dalam memanfaatkan lahan dan modal yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, hingga dapat menjadi sumber penghasilan alternatif pada masa pandemi Covid-19.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#MustahikPengusaha
#MenanamdiRumah
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment