Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) program Lumbung Pangan menggelar pelatihan Menanam di Rumah dengan tema Hidroponik yang diselengarakan pada hari Sabtu, (27/6) di Ds. Kepupu Bombay, Pasir Putih, Sawangan, Depok.

Hal ini menjadi Langkah BAZNAS untuk mendorong ketersediaan pangan mandiri yang mudah diakses oleh masyarakat. Selain itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Pelatihan yang diadakan di lokasi tersebut melibatkan pendamping Mustahik Pengusaha, Buky Fathan sebagai pemateri dan masyarakat Desa Kepupu Bombya, Depok sebagai peserta pelatihan. Materi yang disampaikan adalah hidroponik sederhana yang merupakan cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah area yang luas.

Secara sederhana, hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi, bukan tanah. Hal ini membuat parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, dan pencahayaan lebih mudah dikelola. Dengan hidroponik, lebih ramah lingkungan dan sayuran yang dihasilkan pun akan lebih sehat. Bertanam dengan hidroponik akan menghasilkan tanaman yang berkualitas baik dan bebas kimia berbahaya. Dan dengan hidroponik sederhana cukup menggunakan botol plastik air mineral bekas, kain perca, nutrisi, media tanam dan bibit tanaman sayuran.

Dengan pelatihan hidroponik sederhana ini, mengajak masyarakat wilayah urban seperti di Kota Depok bisa tetap menanam di rumah, mengedukasikan tentang teknik bertani sederhana, memanfaatkan lahan kosong dan limbah rumah tangga menjadi lebih produktif, dan membentuk suatu kemandirian pangan bagi anggota kelompok Ben Mulyo Amanah.

Diharapkan anggota kelompok Ben Mulyo Amanah dapat mempraktekkan secara mandiri materi yang disampaikan, mengajarkan dan mengajak masyarakat sekitar untuk ikut mendukung ketahanan pangan keluarga, menjadi sumber ekonomi alternatif masyarakat, dan terciptanya desa hijau mandiri pangan.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#MustahikPengusaha
#MenanamdiRumah
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment