Lembaga Pemberdayaan EKonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Business Develompment mengadakan UMKM Class Online BAZNAS yang disiarkan langsung di kanal YouTube BAZNAS TV kepada masyarakat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah pada Jumat (16/01).

Kegiatan pelatihan online yang mengusung tema “Kewirausahaan Digital” ini disampaikan oleh Dr. Faransyah Agung Jaya, SE. Msf. ACC atau biasa disapa Coach Faran. Beliau memiliki latar belakang sebagai akademisi dengan pengalaman kerja di beberapa perusahaan multinasional seperti Nokia, Publicis Groupe, Microsoft dan bisnis di dunia investasi.

Pembahasan materi diawali dengan pemaparan situasi yang terjadi di Indonesia, dimana seluruh masyarakat harus membiasakan physical distancing dan social distancing, semua itu menjadikan kebiasaan pelaku usaha dan masyarakat berubah drastis sehingga mereka harus berinovasi lebih dalam hal pemasaran usaha. Hal tersebut membuat seluruh pelaku usaha mentransformasi mental dan pola pikir menjadi kewirausahaan digital.

Saat ini, bagaimana pelaku usaha membangun perilaku kewirausahaan digital dari digital identification, online learning, online sales and marketing, dan online financing. Target market digunakan dengan metode langsung, yaitu langsung ke lingkungan keluarga, rumah, dan organisasi. Adapun target tidak langsung dapat menjadi Reseller atau Dropshipper.

Tips dan trik marketing online dari coach Faran yaitu menyesuaikan target pasar berdasarkan demografi, re-branding (logo, merk, kemasan, foto, video dan copywriting) dan penyesuaian startegi 4 P (Produk, Price, Place dan Promotion).

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#UMKMClassOnline
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment