Jumat (28/08). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program BAZNAS Halal Class dengan tema Mengapa UMKM Harus Bersertifikat Halal yang dilaksanakan melalui live streaming Youtube BAZNAS TV.

Acara yang terlaksana selama 1 jam 30 menit ini dimulai dengan pembukaan oleh salah satu anggota BAZNAS Ibu Nana Mintarti yang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberadaan sertifikat halal produk merupakan hal penting bagi pelaku UMKM, maka dari itu BAZNAS berkepentingan untuk mendapingi mustahik binaan dalam memperoleh sertifikasi halal sehingga mampu diterima pasar.

“Semoga dengan sertifikasi halal ini bisa lebih diterima pasar dan konsumen merasa aman atas produk yang mereka konsumsi” ujarnya

Kepala LPEM BAZNAS mengungkapkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara LPEM BAZNAS dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama Republik Indonesia dengan tujuan agar mustahik binaan LPEM khususnya dan masyarakat pelaku UMKM pada umumnya agar mendapatkan sertifikat halal produknya.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam 3 bentuk yaitu webinar, bincang halal dan intensif melalui telegram group. Kegiatan ini juga terdiri dari dua series yaitu tentang pelatihan sertifikasi halal yang terdiri dari 6 pertemuan di tiap pekannya dan tentang pariwisata halal yang terdiri dari 2 pertemuan, semua tema yang diusung merupakan tema yang saling terkait dengan sertifikasi halal” Ujarnya

Berlangsungnya kegiatan ini dimoderatori oleh Drs. H. Amrullah, M.Si. selaku Kepala Bidang Sertifikasi Halal. Pemateri pertama dari Dr. Mastuki HS, M.Ag. selaku Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal membahas tentang Kondisi, kendala dan tantangan bagi UMKM, Pentingnya sertifikasi halal, prinsip layanan sertifikasi oleh BPJPH dan pengetahuan tentang produk halal.

Dilanjut dengan pemateri kedua dari Hj. Siti Aminah, S.Ag, M.Pd.I. selaku Kepala Pusat Pembinaan Pengawas Jaminan Produk Halal membahas tentang regulasi penyelenggara BPJPH, sasaran pembinaan JPH, serta pelaksanaan JPH.

Seluruh kegiatan yang dilaksanakan BAZNAS tetap mematuhi protokol kesehatan bagi amil dan mustahik binaan seperti penggunaan masker, serta pelindung diri bagi mustahik binaan dalam melayani konsumen mereka.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#BAZNASHalalClass
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment