Jumat (02/10). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS merupakan lembaga yang bergerak di bidang pemberdayaan usaha mustahik melalui zakat produktif. Salah satu usahanya adalah melalui kegiatan webinar BAZNAS Halal Class yang diselenggarakan secara langsung di channel YouTube BAZNAS TV di setiap pekannya

Terlaksananya webinar BAZNAS Halal Class sesi ke 6 ini merupakan sesi terakhir dari serangkaian acara sertifikasi halal bersama Badan Penyuluh Jaminan Halal Produk (BPJPH) Kementrian Agama Repubik Indonesia. Kali ini penyampaian materi disampaikan oleh Dr. Khotibul Umam, MH selaku Kepala Bidang Bina Auditor Halal dan Pelaku Usaha dan juga Bp. Zaenudin, S.Ag selaku Kasubbid Bina Pelaku Usaha dan Konsumen.

Koordinator Pengembangan Usaha Mustahik, Raden Nabhan mengungkapkan bahwa LPEM BAZNAS bersama BPJPH memberikan pendampingan gratis sertifikasi halal sebanyak 10 pelaku UMKM terpilih yang berperan aktif dalam setiap sesi kegiatan webinar BAZNAS Halal Class.

Berjalannya sesi ke-6 ini membahas tentang pengertian, syarat, tugas, tanggung jawab, peran, penetapan penyelia halal, dokumen apa saja yang dibutuhkan bagi calon penyelia halal, pemberhentian penyelia halal serta fasilitasi yang didapat bagi pelaku UMKM.

Selanjutnya, moderator memimpin sesi tanya jawab dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh audiens melalui live chat youtube BAZNAS TV pertanda besarnya minat pelaku UMKM dalam mengurus sertifikasi halal.

Diakhiri dengan pengumuman peserta BAZNAS Halal Class yang mendapatkan pendampingan sertifikasi halal gratis sebanyak 10 pelaku UMKM sebagai berikut : 
1. Adik Arta (Sambal Kering Pedas Bisbas
2. Diana Indah Agustin (Aroma Manis Marsmallow Halal)
3. Intan Pratiwi (Sambah Kurma Rumah Nahla)
4. Juliana Rosita (Toriko Kripik)
5. Mulyadi (Bawang Goreng)
6. Saryati (Brambang Goreng jawa)
7. Windarti (Cemilan Krito Kripp)
8. Agus Rohmansyah (Bawang Goreng Simbah)
9. Imam Maliki (Rempeyek Ikan Pesisir)
10. Ireneelisabet (Allely bakery)

Semoga dengan pemberian doorprize pendampingan sertifikasi halal gratis ini menambah semangat pelaku UMKM dalam meningkatkan legalitas halal mereka sehingga mampu menjadi produsen halal di negeri sendiri.

Selanjutnya, akan ada dua sesi BAZNAS Halal Class bersama BPJPH tentang pariwisata halal yang akan diselenggarakan dipekan selanjutnya.

#BAZNAS
#LPEMBAZNAS
#BAZNASHalalClass
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment