Jumat (28/09). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS terus mengupayakan pengembangan usaha pelaku UMKM, salah satunya melalui program BAZNAS Halal Class sesi ke-5 dengan mengusung tema “Strategi Menghadapi Audit atau Pemeriksaan Halal bagi UKM” yang disiarkan langsung melalui channel YouTube BAZNAS TV selama 2 jam.

Koordinator Pengembangan Usaha LPEM BAZNAS, Ahmad Nabhan mengungkapkan bahwa selain pelatihan yang diberikan secara langsung melalui media online, kami juga memberikan pendampingan intensif melalui grup telegram. Saat ini, telah bergabung sebanyak 8700 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Pada akhir sesi nanti, akan dipilih peserta kegiatan yang aktif pada setiap sesinya untuk mendapatkan pendampingan khusus berupa proses sertifikasi halal produk secara gratis.

BAZNAS Halal Class kali ini menghadirkan Lady Yulia, S.Si., M.Si, selaku Kepala Sub Bidang Pengawasan LPH dan Auditor Halal sebagai pemateri tunggal di sesi ke -5. Sementara itu, moderator kegiatan ini adalah Dra. Marfuah Mustofa, M.Pd selaku selaku Kepala Sub Bidang Pemantauan dan Evaluasi kerja JPH. Adapun materi yang dikupas pada pelatihan ini, diantaranya terkait apa yang harus dilakukan pelaku UMKM saat adanya pemerikasaan atau mengujian produk yang dilaksanakan oleh LPH, apa saja tugas auditor halal saat melakukan pengujian, langkah langkah terbaik bagi pelaku UMKM saat produk diuji.

Setelah berakhirnya materi yang disampaikan selama 80 menit, peserta tak hanya menunjukkan antusias mereka sampai di situ saja. Mereka aktif dalam sesi diskusi dan tanya jawab yang disampaikan melalui live chat YouTube. Pemateri pun memberikan kesempatan untuk menjawab lebih dari 10 pertanyaan peserta.

Di akhir sesi, pemateri mengungkapkan bahwa diskusi yang disampaikan BPJPH dapat membangun motivasi pelaku UMKM agar menjadi produsen halal di negeri sendiri. Pemateri juga berharap pelaku UMKM tetap bersemangat dalam mengembangkan usahanya. 

#BAZNAS
#LpemBaznas
#BAZNASHalalClass
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment