Kegiatan pendampingan merupakan proses relasi sosial antara pendamping dengan mustahik binaan LPEM BAZNAS dalam bentuk memperkuat dukungan, mendayagunakan berbagai sumber dan potensi dalam pemenuhan kebutuhan hidup, meningkatkan kesejahteraan serta meningkatkan akses mustahik terhadap pelayanan sosial dasar, dan fasilitas pelayanan publik lainnya dalam usaha memecahkan masalah serta mendorong tumbuhnya inisiatif dalam proses pengambilan keputusan, sehingga kemandirian mustahik secara berkelanjutan dapat diwujudkan.

Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS berupaya menjadikan mustahik binaan menjadi muzakki dengan meningkatkan kapasitas diri pendamping program melalui kegiatan pelatihan pendamping dengan tema “Mentoring dan Coaching Bisnis”. Tujuannya agar pendamping LPEM BAZNAS tidak hanya menjadi pendamping penyaluran bantuan modal usaha namun terlebih dapat menjadi mentor maupun coach bisnis bagi mustahik yang dibinanya.

Kegiatan pelatihan pendamping dibuka oleh Pimpinan BAZNAS RI, Ibu Saidah Sakwan, M.A sekaligus memberikan motivasi pendampingan kepada mustahik serta tips dalam mensejahterakan mustahik binaan. Dalam sambutannya, Ibu Saidah mengungkapkan bahwa peran pendamping dalam mendampingi mustahik dapat menjadi pendorong, penggerak, katalisator dan motivator baik bagi mustahik binaan maupun masyarakat luas.

Kegiatan turut dihardiri oleh 33 pendamping program, 5 perwakilan amil dari LPEM BAZNAS daerah dan 10 perwakilan dari BAZNAS daerah. Kegiatan pelatihan pendamping yang akan berlangsung selama 5 hari dengan sistem online dan offline. pelatihan secara offline nantinya hanya diperuntukan bagi pendamping sesuai dengan programnya, sehingga tetap menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Diharapkan dengan adanya pelatihan pendaming, dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pendamping terkait teknis-teknis dalam meningkatkan usaha mustahik, agar nantinya pendamping dapat mengeluarkan potensi dari diri mustahik untuk dapat terus tumbuh dan berkembang.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

MustahikPengusaha

Leave a Comment