Pandemi COVID-19 masih menimbulkan dampak negatif terutama kalangan menengah ke bawah. Usaha yang mereka jalankan mengalami kerugian tak kecuali usaha warung kelontong milik mustahik. Banyak warung kelontong yang pada akhirnya menderita kerugian besar akibat berkurangnya pembeli di warung mereka, salah satunya banyak pembeli yang lebih memilih berbelanja secara online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk mengatasi dampak dari COVID-19 tersebut, BAZNAS RI Bersama UPZ Bank Permata Syariah kembangkan program Zmart di 5 wilayah yaitu DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Program tersebut dilakukan dengan memberikan bantuan modal usaha, renovasi warung, branding Zmart pada warung kelontong mustahik, dan melakukan pendampingan untuk meningkatkan kualitas baik dalam segi usaha, sosial dan spiritual. Sebanyak 58 mustahik pemilik warung kelontong menerima bantuan berupa marketing equipment yaitu pemasangan plang toko, pengecatan, dan pemberian rak barang serta barang dagangan yang disalurkan oleh UPZ Bank Permata Syariah melalui BAZNAS RI.

Zmart merupakan program pemberdayaan mustahik di bidang ritel yang dilakukan oleh LPEM (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik) BAZNAS RI. Selain memberikan bantuan berupa modal, LPEM juga melakukan pendampingan dalam program Zmart. Adapun program pendampingan yang dilakukan terdiri dari pendampingan usaha, penyuluhan, pelatihan dan evaluasi pada usaha dan diri mustahik. Pendampingan usaha pada program Zmart juga mengajarkan kepada mustahik cara penggunaan aplikasi Zmart yang berfungsi sebagai mesin kasir, supply chain management, dan laporan pembukuan secara digital. Selain itu, pendamping juga memberikan pengarahan tentang pembuatan laporan cash flow yang baik dan teratur sehingga mustahik dapat mengetahui alur kas usaha dan bisa melakukan perencanaan terhadap pembelian dan penjualan barang yang dibutuhkan oleh pelanggan kedepannya. Ketika masa pendampingan selesai diharapkan mustahik dapat mandiri dan menjadi muzaki.

Sebagai support kepada Mustahik, LPEM membentuk Koperasi SRI (Saudagar Ritel Indonesia) sebagai distribution center yang mana modal dan pengelolaannya dilakukan oleh mustahik. Hal ini sangat menguntungkan bagi mustahik karena modal yang diolah berasal dari mustahik dan keuntungan penjualan akan kembali kepada mustahik. Selain itu, mustahik juga dapat melakukan pembelian melalui distribution center dengan menggunakan aplikasi Zmart.

Dengan adanya kerjasama program pemberdayaan antara BAZNAS RI dengan UPZ Bank Permata Syariah dapat mengembangkan usaha mustahik terdampak pandemi dan meningkatkan kualitas kehidupannya hingga bisa menjadi muzaki.

#BAZNAS
#LPEM
#Zmart
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment