Lima wilayah di Jakarta dan Jawa Barat menjadi lokasi Cash For Work (CFW) BAZNAS pada Senin (6/4) yang menyasar para mustahik pengusaha yang usahanya terkena imbas akibat wabah Covid-19. Para mustahik pengusaha Kelima wilayah tersebut adalah Setia Budi Jakarta Selatan, Cipayung Jakarta Timur, Cilodong Depok, Ciampea Bogor, dan Tarogong Garut.

Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) melalui pendamping program Zmart telah melakukan pembelian Alat Pelindung Diri (APD), bahan pembuatan disinfektan, dan assessment mustahik yang akan dijadikan relawan BAZNAS dalam aksi penyemprotan.

Masing-masing wilayah melibatkan 10 orang mustahik pengusaha yang merupakan pedagang yang usahanya menurun omsetnya karena berkurangannya daya beli masyarakat. Mustahik pengusaha yang menjadi relawan BAZNAS kali ini merupakan pedagang cimol, pedagang nasi uduk, pedagang kue keliling, pedagang bakso, pedagang gorengan, pedagang ayam bakar, pedagang warung kopi, penjahit, ojek online dan buruh harian.

Sebelum aksi dilaksanakan, setiap mustahik diberikan edukasi pencegahan penyebaran virus Covid-19, pemakaian APD dan pembuatan desinfektan sederhana. Selanjutnya, melakukan aktivitas penyemprotan disinfektan pada lokasi yang ditentukan, pembuatan tempat cuci tangan, dan penyediaan sabun cuci tangan.

Dalam Aksi penyemprotan ini, setidaknya ada 1148 KK yang rumahnya telah disemprot, 50 mustahik penerima voucher Zmart dan 5 warung saudagar Zmart yang diberikan tempat cuci tangan dam sabun cuci tangan.

Voucher sembako senilai Rp200.000,00 diberikan kepada setiap mustahik pengusaha yang telah berpartisipasi dalam aksi CFW yang dapat ditukar dengan sembako di warung Zmart yang ada di kelima wilayah tersebut.

Kegiatan ini selain memberikan penyediaan sembako untuk mustahik pengusaha, juga akan mencegah perkembangan virus Corona, dan mengedukasi masyarakat dalam Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui kebiasaan mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir.


#CashForWork
#LembagaPemberdayaanEkonomiMustahik 
#BAZNAS
#BaznasTanggapCovid-19
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment