Bogor (23/03) Memiliki usaha batik bukanlah hal mudah, apalagi dalam memiliki produk batik berkualitas, proses peningkatan produk yang berkualitas memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya yaitu antisipasi kerugian pada produk batik gagal jual akibat kesalahan dalam pewarnaan batik. Proses pewarnaan batik merupakan proses yang paling sulit dan cukup memakan waktu, hal yang membuat sulit dalam proses ini merupakan takaran zat pewarna dan bahan pewarna itu sendiri.

Terkadang para pengrajin membuat takaran yang sama namun pada saat diproses menghasilkan warna yang berbeda. Dalam proses pewarnaan batik baik itu dilakukan oleh pengrajin batik baru atau pengrajin batik profesional bukanlah hal mudah, akan selalu ada kegagalan baik itu tidak ratanya warna ataupun warna yang tidak sama.

Pengalaman menjadi guru terbaik bagi setiap orang khususnya para pengrajin Kelompok Batik “Sadulur” binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomiu Mustahik (LPEM) BAZNAS di Kampung Batik Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor. Mereka pelajari dan mencoba mendaur ulang kemeja batik gagal jual dikarenakan kesalahan proses pewarnaan.

Firiasani (29th) ketua kelompok batik “Sadulur” mengungkapkan bahwa proses daur ulang produk batik terdapat dua step, yakni dengan melakukan pengecapan ulang dan jenis warna yang buat hanya warna gelap seperti warna hitam, tujuannya adalah agar warna batik sebelumnya dapat tertutupi.

Berbagai penyebab yang membuat batik gagal jual adalah dikarenakan warna tidak sesuai dengan pesanan pembeli, warna pudar pada sisi kain, warna bocor disebabkan kerusakan lilin pada kain dan terdapat noda pada kain disebabkan kesalahan pada proses pewarnaan kain.

BAZNAS melalui pendamping program Mustahik Pengusaha mencoba membangun proses pewarnaan sekaligus belajar tentang proses membatik. Mendaur ulang produk yang gagal bertujuan untuk mengurangi kerugian dan mencoba untuk bereksperimen dalam mendaur ulang produk yang telah gagal agar tetap memiliki nilai guna dan jual.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama MenyejahterahkanUmat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

MustahikPengusaha

KpBatikCibuluh

Leave a Comment