Jakarta (18/11) – Kegiatan kelas rutin BAZNAS Millennial Preneur (BMP) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS telah dilakukan setiap minggunya. Kegiatan ini menekankan pada pemahaman materi perihal cakupan bisnis yang terus peserta pelajari hingga membantu mengembangkan usaha yang mereka jalankan.

Kegiatan ini sudah berjalan lebih dari dua bulan. Kelas rutin dilakukan dan beberapa peserta pelatihan menampilkan perkembangan usaha dengan baik. Dari 18 usaha yang dijalankan, salah satunya adalah produk Milky Tropical yang diusung oleh peserta pelatihan yaitu Muadz Nuruzzaman (23th) dan M. Iqbal Arasid (22th).

Selain itu, juga telah terlaksanan audit dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika MUI untuk produk Milky Tropical yang diwakilkan oleh M. Iqbal Arasid di aplikasi Zoom pada Selasa (17/11). Petugas LPPOM MUI yang melakukan audit saat itu adalah Tubagus Mukhamad Ishak, S.Si, M.Han dan Ir. Khristyarini, SE.Sy.

Pada pelaksanaan audit, LPPOM MUI meninjau sistem jaminan halal untuk produk tersebut seperti nama usaha, alamat, tempat produksi, kontak usaha yang dapat dihubungi, penjelasan mengenai usaha tersebut dan lainnya. Tidak hanya itu, LPPOM MUI juga melihat bagaimana demo proses produksi pembuatan Milky Tropical. Selanjutnya, dilakukan pemantauan kebersihan area saat pembuatan produksi berlangsung.

Pada bulan yang sama, produk Milky Tropical juga lolos pada ajang Pekan Mahasiswa Wirausaha (PMW) di Universitas Negeri Jakarta. Muadz Nuruzzaman maju mengiktui PMW tersebut dengan bekal materi workbook Smart Business Map yang ia dapatkan melalui kelas BMP pada sesi Budi Isman.

Konsep bisnis yang tertuang pada SBM tersebut meloloskan produk Milky Tropical menjadi salah satu dari 50 usaha yang lolos PMW UNJ. Setelah pengumuman tersebut, peserta dengan usaha yang mereka bawa akan melakukan pendampingan dan bimbingan selama tiga bulan.

Audit LPPOM untuk produk Milky Tropical sudah ditahap revisi berkas sebelum penilaian akhir untuk dikeluarkannya sertifikasi halal resmi. Iqbal dan Muadz yakin produk usaha mereka yaitu Milky Tropical akan berkembang ke depannya dan mereka akan terus melakukan perbaikan usaha untuk kualitas produk yang lebih baik lagi.

#Baznas
#LpemBaznas
#BaznasMillennialPreneur
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment