Senin (25/1). Monitoring usaha terus dilakukan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS demi mengetahui perkembangan yang telah dilakukan oleh saudagar Zmart. Monitoring secara personal juga dilakukan sebagai pencegahan adanya kerumunan sehingga terdampak akan penyebaran Covid-19.

Salah satunya kepada Saudagar Zmart Sayekti (45th) di Jl. Panglima Polim, Gg. Siswa Kel. Poris Plawad Utara, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, saat ditemui oleh pendamping program BAZNAS pada kegiatan monitoring usaha retailnya pasca 3 bulan mendapatkan bantuan modal usaha, renovasi warung dan pendampingan. Monitoring dilakukan pasca pelatihan seperti pencatatan omzet dan laba harian, stok opname serta pemasaran produk online dan offline.

Hasil monitoring usaha yang dilakukan menunjukkan bahwa perkembangan usaha Sayekti meningkat hingga saat ini, seperti terbiasa dalam pencatatan omzet dan laba harian, belanja rutin melalui Distibutor Center (DC) Zmart, dan melakukan stok opname barang kebutuhan usaha yang sudah mulai dilakukan secara rutin. 

Sementara itu, perkembangan produk usaha juga semakin bervariasi, seperti minyak goreng, tepung, gula, kecap, mie instan, sabun mandi, sabun cuci, dan lain lain. Sedangkan untuk usaha non retail Sayekti kini menambah jenis usaha dengan berjualan seblak dan mie ayam untuk meningkatkan omset Zmart.

“Sebelumnya ibu hanya berjualan jajanan atau makanan ringan aja, paling es seduh atau mie ayam tapi porsinya gak banyak. Alhamdulillah sekarang jumlah modal dan dagangan ibu bertambah setelah adanya bantuan BAZNAS, pendapatan juga meningkat, semoga Zmart ibu semakin maju dan berkembang, terima kasih muzaki BAZNAS.” ujar Ibu 3 anak ini.

Perkembangan usaha Sayekti juga terlihat dengan adanya peningkatan omzet harian, dimana ia mampu mendapatkan omzet rata rata sebesar 300.000 hingga 400.000 dalam sehari baik usaha retail maupun non retail dan semoga bisa terus lebih meningkat.

Pendampingan dan monitoring juga akan terus dilakukan baik secara personal maupun kelompok agar setiap perkembangan usaha mustahik bisa terus ditingkatkan.

Badan Amil Zakat Nasional 
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat 
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBaznas
#Zmart

Leave a Comment