Bogor (26/03). Muhammad Uci Sanusi (33th) pelaku usaha dodol dengan brand “Dodol H. Manung CDL” salah satu anggota kelompok UMKM Maju Berkah Bersama binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS kini miliki legalitas usaha Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Sanusi telah menjalankan usahanya sejak tahun 1970 dari ayahnya yang bernama H. Manung. Kini Dodol H. Manung telah diwariskan kepada Sanusi dan telah ia lakoni selama 20 tahun. Dodol H. Manung merupakan dodol asli Caringin yang terbuat dari gula merah pilihan dengan campuran bahan alami yang kaya ajan manfaat.

Sanusi yang berlokasi di Gg. Bunder, Kp. Caringin, Kec. Caringin, Kab. Bogor, merupakan pelaku usaha binaan BAZNAS yang telah mendapatkan bantuan modal usaha dan pendampingan intensif sejak November 2020 lalu. Kini BAZNAS melalui pendamping program lakukan pendampingan legalitas usaha yang merupakan salah satu upaya BAZNAS dalam memperkuat legalitas usaha mustahik.

Sanusi menuturkan bahwa selama proses berjualan dodol tidak memiliki legalitas apapun karena tidak mengetahui bagaimana proses pembuatan legalitas usaha baik NIB maupun IUMK. Namun, dengan dibantu pendamping program BAZNAS, kini proses pembuatan legalitas menjadi lebih mudah dipahami dan diterapkan olehnya.

Kedepan legalitas usaha mustahik tentunya akan diperkuat kembali dengan legalitas Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Sertifikasi Halal agar proses kegiatan usaha mustahik berjalan sesuai dengan ketentuan hukum serta dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk.

BadanAmilZakatNasional
PilihanPertamaPembayarZakat
LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

MustahikPengusaha

Leave a Comment