Serang (17/03). Petani binaan program Lumbung Pangan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Serang, kini telah memiliki rumah penggilingan padi dengan kapasitas daya tampung sebesar 25 ton beras yang berlokasi di Kp. Cimaung Jalan, Ds. Sukaraja, Kec. Cikeusal, Kab. Serang. Hal ini sebagai persiapan untuk membantu pengadaan beras zakat fitrah 1442 H.

Pembangunan gudang dan mesin giling padi dengan kapasitas produksi sebanyak 15 ton perhari ini merupakan bagian dari ikhtiar LPEM BAZNAS RI untuk menghadirkan kegiatan bisnis petani dengan model industrialisasi sehingga dapat menambah nilai ekonomi dalam setiap prosesnya.

Faoji Rahman (43th) ketua kelompok “Cahaya Tani” binaan BAZNAS mengungkapkan bahwa pengerjaan pembangunan gudang dan mesin giling ini dinilai sangat cepat dengan tempo waktu dua bulan saja sejak pertama dibangun pada 12 Januari 2021 lalu.

Wandi (48th) ketua kelompok “Jawara Tani” binaan BAZNAS mengungkapkan bahwa seluruh petani menyaksikan pengujian mesin giling padi yang merupakan bagian terpenting dalam proses pembangunan. Petani mencoba penggilingan gabah sebanyak 1 ton dan ternyata hanya membutuhkan waktu 30 menit, ini merupakan harapan bagi kelompok untuk meningkatkan kapasitas hasil produksi.

“Kualitas beras yang dihasilkan sangat baik sehingga dari 1 ton gabah kering menghasilkan beras 6,5 kwintal. Ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi kelompok karena apa yang dicita-citakan tercapai.” ujar Wandi.

“Uji coba penggilingan beras yang dilakukan sangat sesuai dengan harapan sehingga kedepan kami bisa bersaing dengan petani dan pengusaha yang sudah maju,” ujar Faoji.

Najib Hamas, pendiri koperasi BUMD di Banten mengungkapkan dirinya akan membantu dan memfasilitasi kelompok untuk merintis usahanya agar dapat berbadan hukum dan bisa diakses oleh mitra-mitra dari swasta atau pemerintahan.

“Dengan adanya pengembangan usaha berupa mesin giling dari BAZNAS kita upayakan dapat membantu dan meningkatkan kesejahteraan petani, mari beli beras dari petani,” ujar Najib.

Dengan hadirnya penggilingan padi dan gudang beras ini, petani akan lebih mudah, hemat dan efesien waktu dalam produksi beras. Hal ini dapat mendukung agenda Nasional BAZNAS yakni pengadaan beras zakat fitrah 1442 H.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUntukUmat

LPEMBAZNAS

LumbungPangan

Leave a Comment