Raut wajah bahagia terpancarkan di Muhaimin (32th) lelaki yang kerap disapa Muay oleh rekan disekitar tempat usahanya. Muay merupakan salah satu mustahik kopi sepeda keliling binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang kini banyak diminati masyarakat sekitar Stasiun Juanda, Jakarta Pusat.

Pasalnya, kini ia hanya membutuhkan waktu satu jam beroprasi untuk menghabiskan dagangan kopinya. Muay mampu meraup omzet hingga 200 ribu rupiah. Ia memulai berkeliling di sekitar stasiun pada pukul 5 pagi hingga setengah 7 pagi, kemudian dilanjut saat sore hari pada jam setengah 5 hingga sebelum Isya, karena menurutnya waktu tersebut merupakan waktu terbaik bagi penjual kopi keliling.

Muay berterimakasih atas dana zakat yang disalurkan muzaki kepada BAZNAS. Kini dirinya bisa memperoleh pendapatan untuk kebutuhan ekonomi keluarganya dengan adanya gerobak kopi. Sebelumnya ia hanyalah seorang buruh cuci motor yang memiliki penghasilan yang kurang.

“Alhamdulillah Mas, dengan adanya gerobak kopi ini menambah penghasilan saya yang tadinya hanya sebagai buruh cuci sepeda motor. Alhamdulillah sekarang ekonomi keluarga saya semakin membaik dengan tambahan pemasukan ini. Saya selalu bersyukur atas segala nikmat Allah berupa hadirnya program kopi sepeda ini, dan terimakasih kepada muzaki yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas sehingga membawa manfaat untuk saya dan keluarga, Barakallah” Tutur Pak Muay.

Lebih lanjut, melalui pendampingan yang dilakukan BAZNAS kepadanya, Muay mendapatkan edukasi bagaimana manajemen keuangan usaha yang baik. Hal tersebut dimaksudkan agar bisa melakukan saving sehingga hasil yang ia dapatkan tidak habis untuk kebutuhan sehari-hari. Namun bisa juga untuk pengembangan usaha agar lebih besar lagi.

Cerita dari Pak Muay, memperlihatkan bagaimana peran pendistribusian zakat infaq dan shadaqah dalam meningkatkan perekonomian mustahik. Mari bersama ikut serta dalam membantu ekonomi mustahik terdampak pandemi melalui zakat yang dapat ditunaikan disini
baznas.go.id/bayarzakat.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBAZNAS
#MustahikPengusaha
#KopiSepedaBaznas

Leave a Comment