Sukabumi (12/08). Kelompok Tani Sari Alam dan binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan mendapatkan sertifikat organik dari salah satu lembaga sertifikasi organik PT. Icert Agritama Internasional.

Kegiatan penyerahan sertifikat organik secara simbolis diberikan kepada kelompok Tani Sari Alam dan Riung Gunung ini diaksanakan di Desa Cibatu, Kec. Cikembar, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Launching Sertifikat Organik dihadiri oleh Kepala Desa Cibatu Bapak Ijang, Kepala badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Cikembar Bapak Maman Suharman, Ketua BAZNAS Kabupaten Sukabumi Bapak H. U Ruyani, sekaligus dihadiri secara online Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Bapak Irfan Syauqi Beik dan Direktur PT. Icert Agritama Internasional Bapak Agung Prawoto.

Kepala LPEM BAZNAS, Deden Kuswanda mengungkapkan bahwa program Lumbung Pangan BAZNAS dengan menggunakan pertanian organik telah dimulai sejak September 2018 dan hingga saat ini kelompok tani binaan sudah mengalami musim panen sebanyak 4 kali. Diperolehnya sertifikat organik telah diterbitkan sejak 10 Juli 2020 berkat perjuangan para petani binaan dalam mengelola pertanian organik.

Deden melanjutkan bahwa dengan adanya penerbitan sertifikat organik ini dapat meningkatkan nilai jual produk beras organik dari petani yang sebelumnya petani di daerah tersebut menggunakan konsep konvensional.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat melestarikan lingkungan, meningkatkan kualitas produksi pertanian dan BAZNAS memiliki komitmen kuat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

“BAZNAS berusaha terlibat aktif dalam membangun pusat produksi pertanian yang dapat untuk membangun, memberdayakan dan mengembangkan produk pertanian yang ramah lingkungan”. ujar Irfan Syauqi Beik di akhir sambutannya.

Sebelumnya beras hasil produksi petani binaan LPEM BAZNAS telah memiliki label beras sehat dan telah memiliki nama “Beras Raos”. Kedepannya, kelompok tani Sari Alam dan Riung Gunung akan terus mengembangkan produk dan pasarnya.

Program Lumbung Pangan BAZNAS kelompok Sari Alam dan Riung Gunung merupakan kelompok binaan BAZNAS pertama yang telah mendapatkan sertifikat organik dan akan disusul oleh petani binaan di wilayah lainnya.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment