Jakarta(19/03). Merebaknya wabah virus Covid-19 di Indonesia, diantisipasi oleh pedagang Jajanan Sehat binaan LPEM BAZNAS, dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan sarung tangan. Salah satunya adalah usaha Sosis Bakar dan Seblak milik bu Wati, di Warakas, Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Bu Wati yang merupakan anggota kelompok UMKM Multifood Barokah binaan LPEM BAZNAS telah menggunakan standarisasi keamanan pangan berupa penggunaan masker dan sarung tangan saat berdagang. Hal ini dilakukan guna menjaga kebersihan pangan dan mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19.

“Gerakan menggunakan masker dan sarung tangan harapanya sebagai upaya menjaga produk yang disajikan higenis, dan meminimalisir penyebaran virus covid-19.” katanya.

Selain dengan penggunaan masker dan sarung tangan. Bu Wati juga menyediakakan Hand Soap untuk pembeli yang akan menikmati jajanan dari usaha miliknya. “Kami juga menyediakan hand soap untuk pembeli, tentunya sebagai service excellent dan sebagai langkah sederhana untuk melindungi diri, keluarga, dan masyarakat.” ujarnya.

Senada dengan Bu Wati, Pendamping Program Mustahik pengusaha, Kevin Arthur Herivo menuturkan bahwasanya merebaknya virus Covid-19 yang mulai mewabah di Indonesia, hendaknya disikapi UMKM terutama binaan Baznas untuk meningkatkan kualitas keamanan produk, dan meningkatkan strategi dalam menghadapi dampak ekonomi yang terjadi.

“Tentunya dengan mulai mewabahnya Covid-19, mempengaruhi penurunan penjualan UMKM, hal ini perlu dipersiapkan langkah-langkah yang efektif, untuk menjaga kepercayaan konsumen yang berimbas pada mulai pulihnya daya beli masyarakat kepada usaha yang dijalani”. Ujar Kevin

BAZNAS melalui program mustahik pengusaha, selain memberikan bantuan modal usaha kepada penerima manfaat program, juga melakukan pendampingan dan pengembangan usaha. Aspek peningkatan keterampilan penjual dan kualitas produk menjadi salah satu aspek yang diedukasi dari BAZNAS ke mustahik. Harapanya dengan peningkatan kapasitas penjual dan kualitas produk, mampu menstimulus peningkatan usaha mustahik tersebut.

Leave a Comment