Desa Pemberdayaan Batik Cibuluh Menjadi Daya Tarik Wisata Internasional

Desa Wisata Pemberdayaan Batik Cibuluh binaan LPEM BAZNAS menjadi lokasi kunjungan 40 Peserta dari berbagai negara pada acara Islamic Economics Winter Course (IEWC) 2019 yang diselenggarakan pada 14-19 Oktober 2019. Pada kunjungan yang terlaksana pada Jumat, 18 Oktober 2019 ini, peserta IEWC diberikan kesempatan untuk merasakan Experience Halal Tour. Pada kunjungannya, mereka langsung disuguhkan dengan keindahan seni batik mural mulai dari gapura hingga sepanjang jalan Kampung Batik Cibuluh. Selain menikmati keindahan Batik, para peserta juga dapat menikmati kuliner khas Bogor yang banyak dijual oleh masyarakat sekitar.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperlihatkan secara langsung bagaimana kegiatan ekonomi Syariah masyarakat di Kampung Batik Cibuluh. Peserta IEWC yang mengikuti kunjungan berjumlah 40 orang, yang terdiri dari 25 mahasiswa Indonesia, 6 orang berasal dari Thailand, dan sisanya berasal dari berbagai negara. Para peserta dipandu berkililing Kampung Batik Cibuluh dan diberikan edukasi mengenai Batik Bogor, selain itu para peserta juga diberikan edukasi teknik membatik dan mempraktikkannya pada sebuah goody bag. Tour singkat tersebut dipandu oleh Deden Kuswanda selaku Manajer Program Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik BAZNAS, dan Dina selaku Founder Batik Pancawati, brand batik khas Bogor.

Dengan adanya program seperti IEWC, kedepannya BAZNAS berharap dapat menjadikan Desa Wisata Pemberdayaan Batik Cibuluh semakin dikenal tak hanya dalam lingkup nasional melainkan juga merabah ke lingkup internasional.

Leave a Comment