Sukabumi (23/09). Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melakukan pendampingan pada salah satu kegiatan penanaman budidaya padi organik oleh kelompok Tani Sari Alam di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pendampingan ini dilakukan langsung oleh Pendamping Program Lumbung Pangan.

Jonih (55th) salah satu petani anggota kelompok tani Sari Alam mengungkapkan bahwa saat ini tidak semua lahan petani bisa ditanami padi. Adapun lahan yang masih bisa ditanami padi hanya seluas 2.900 m dengan berbagai macam jenis bibit padi seperti bibit beras merah, hitam, dan putih. “Berkurangnya luas lahan tanam ini dikarenakan debit air sedikit dari sumber pertanian irigasi teknis, sehingga menyebabkan pengairan air ke lahan sawah menjadi berkurang”. Sambung Jonih.

Pendamping Lumbung Pangan LPEM BAZNAS, Erik mengungkapkan bahwa saat ini mengoptimal kan air dengan iklim dan curah hujan rendah tentunya akan menjadi kendala petani. Namun, tentunya petani harus bisa mengefisiensi air yang ada sehingga bisa di manfaatkan dengan baik, karena diperkirakan bahwa musim tanam selanjutnya akan terjadi saat memasuki musim kemarau. Adapun, salah satu cara yang bisa dilakukan petani adalah dengan mempercepat semai padi, pembajakan, dan penanaman sehingga ke depan tidak akan terlalu membutuhkan air.

Semoga pada musim ini para petani tidak mengalami kendala apapun dalam perkembangan tanamannya. Hal ini agar petani dapat menghasilkan panen dengan lebih maksimal.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat
#HariTaniNasional

Leave a Comment