Sukabumi (24/09). Kelompok Tani Sari Alam binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS mengeluarkan zakat pertaniannya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian petani binaan dalam berbagi kepada sesama sekaligus menyambut momentum hari Tani Nasional yang dilaksanakan di Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam pelaksanaannya, beberapa anggota Kelompok Tani Sari Alam mengeluarkan zakat hasil pertanian dalam bentuk beras. Beras ini merupakan hasil panen raya kelompok di lahan seluas 10,57 ha dengan hasil panen sebanyak 60,584 ton gabah kering.

Ketua Kelompok Tani Sari Alam Nasir (44 th) menuturkan bahwa kualitas beras yang dipanen pada musim ini cukup baik dan mereka sangat puas dengan hasil yang didapat. Sebagai rasa syukurnya, ia dan seluruh anggota kelompok berinisiatif untuk mengeluarkan zakat pertanian kepada masyarakat yang membutuhkan sekaligus menyambut Hari Tani Nasional yang jatuh pada tanggal 24 September 2020.

Pendamping Lumbung Pangan LPEM BAZNAS mengungkapkan bahwa beras yang dizakarkan oleh petani binaan kelompok Sari Alam sebanyak 167.5 kg. Selanjutnya beras tersebut dikemas per 2,5 kg/pcs untuk dibagikan kepada 67 orang jompo dan yatim di sekitar Desa Cibatu.

Pembagian zakat pertanian ini merupakan tanda syukur petani atas hasil padi yang belum lama ini dipanen. Selain itu, hal ini juga merupakan ajang memupuk rasa sosial petani terhadap warga sekitar yang membutuhkan.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia
#HariTaniNasional

Leave a Comment