Bogor (01/02). Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu titik pemberdayaan desa yang dilaksanakanLembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang terletak di Kec. Bogor Utara, Kota Bogor. Kampung yang terdiri dari 27 pembatik binaan yang terdiri dengan berbagai macam kelompok batik seperti Batik Gaziseri, Sadulur, Pancawati, Melangit, Melinda, Batik Bumiku dan Kedaung Kujang.

Berbagai macam pendampingan terus dilaksanakan oleh BAZNAS terhadap seluruh pembatik di Kp. Batik Cibuluh, dengan memberikan masukan terkait perkembangan yang akan dilakukan oleh kelompok batik. Salah satunya seperti yang dilakukan kelompok pembatik Melangit dan Bumiku yang telah menuangkan inovasi berupa motif batik terbaru.

Nantinya kelompok batik seluruhnya akan memiliki produk turunan dari batik hasil produksi tangan pembatik Cibuluh khas Kota Bogor. Produk turunan mulai terealisasi berkat bantuan yang telah mereka terima dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor beberapa waktu lalu.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok Batik Bumiku dan Melangit yang tengah memproduksi batik di ruang produksi. Anggota kelompok Batik Bumiku tengah melakukan produksi membatik dengan Cap Batik model terbaru. Dari hasil produksi dalam sehari, kedua kelompok tersebut mampu memproduksi sebanyak 10 kain batik.

Di lain sisi, kelompok Batik Sadulur tengah melaksanakan proses menjahit batik hasil karya mereka dengan membuat masker batik. Anggota kelompok batik bumiku masih belum memiliki anggota yang ahli dalam membatik, akan tetapi berkat pendampingan dan motivasi usaha mampu membangkitkan potensi mereka.

Keinginan belajar yang tinggi dalam pengembangan usaha batik menjadi poin tambhan bagi pengrajin batik di masa pandemi ini. Kedepannya pembatik akan terus berupaya untuk berinovasi lebih jauh untuk pengembangan produk dengan membangun produk turunan lainnya.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayaran Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEMBaznas
#MustahikPengusaha
#Kp.BatikCibuluh

Leave a Comment