Jakarta (19/06), dalam dunia digital saat pasar menjadi sangat terbuka luas dan menjangkau konsumen diseluruh penjuru dunia. Itulah yang saat ini dilakukan oleh Ibu Rini, Mustahik binaan LPEM BAZNAS yang memiliki usaha jamu ‘Mbok Rini” yang beralamat di Cipinang Kebembem, Kel. Pisangan Timur, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur. Produk jamunya kini merambah pasar online.

Sebelumnya Bu Rini berjualan jamu keliling dengan masa tahan produk hanya 1 hari. Dengan hasil pengembangan dan pendampingan dari LPEM saat ini jamu “Mbok Rini” tersedia kemasan botol sterilisasi 250 ml, produknya dapat bertahan lama dan memungkinan untuk pengiriman yang jauh.

Produk jamu “mbok Rini” dapat dilihat secara online di media sosial Instagram dengan nama @jamumbokrini dan @Paguyubanberkahsejahtera. Pemesanan dapat dilakukan melalui direct massage atau Whatsapp. Melalui media ini Bu Rini sudah menjual produknya ke luar Jakarta.

Bu Rini juga harus memastikan produk yang dikirim dalam kondisi baik sampai tujuan. Untuk itu perlu dilakukan packing yang tepat apalagi bahan kemasan terbuat dari kaca. Sebelum dikirim Beliau akan memastikan produk dibungkus botol beling dengan bubble wrap yg tebal dan aman (jika di rasa perlu uji dengan jatuhkan dari jarak 1 meter), kemudian rekatkan dengan solatip pada semua sisi bubble wrap. Selanjutnya gunakan Styrofoam untuk mengamankan paket dan masukan ke dalam kardus (usahakan seukuran dengan produknya), lalu rekatkan solatip di semua sisi kardus. Terakhir bungkus kembali kardus dengan plastik agar tidak mudah basah.

Harapannya semoga dengan penjualan online ini dapat semakin meningkatkan penjualan Jamu “Mbok Rini”.

#baznas
#lpem
#mustahikpengusaha
#semestakebajikanzakat

Leave a Comment