Sukabumi (26/06), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melalui program Lumbung Pangan lakukan kegiatan Menanam di Rumah dengan tema Pangan Keluarga bersama kelompok Tani Riung Gunung di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan yang bertemakan Ketahanan Pangan Keluarga ini dilaksanakan dengan memberikan edukasi kepada petani tentang cara menanam beberapa jenis sayuran dan buah-buahan di sebagian lahan mereka untuk memenuhi nutrisi dan gizi keluarga secara mandiri, karena biasanya petani melaksanakan biasanya hanya menanam satu jenis tanaman seperti padi dan tidak memiliki pengalaman lebih tentang tanaman sayur.

Pada pelaksanaannya, penanaman sayuran pada media polybag sehingga tidak membutuhkan lahan tanah dan dapat di simpan di pekarangan rumah. Adapun jenis tanaman yang diberikan kepada petani merupakan tanaman sayuran daun berupa packchoy, sawi, bawang daun dan bayam, serta komoditas hortikultura lainnya bisa menjadi solusi yang berkelanjutan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh pendamping program Lumbung Pangan BAZNAS, Sandra serta diikuti oleh kaum ibu petani binaan LPEM BAZNAS, ibu2 Kampung Kb, dan Dinas BKKBN serta Dinas atau Balai Penyuluhan Pertanian.

Salah satu penerima manfaat prigram Mirna (26 tahun) sekaligus salah satu pengurus Kampung KB menuturkan bahwa program menanam di rumah melalui LPEM BAZNAS sangat bagus sekali karena kebutuhan pangan saat ini masih beli di luar seperti sayuran daun dan hortikultura lainnya.

Tindak lanjut kegiatan hari ini akan terus diadakan pertemuan praktek setiap satu minggu sekali dengan tujuan agar lebih memahami bagaimana cara bertanam sayuran di rumah dengan baik.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment