Selasa (15/09). Kelompok Berkah Lele binaan Program Mustahik Pengusaha Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS saat ini tengah melaksanakan renovasi 12 kolam lele di Kp Bakung, Desa Karangpatri, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Pendamping program Mustahik Pengusaha, Arif Rahman mengungkapkan bahwa usia kolam lele ini telah menginjak 2 tahun, seiiring berjalannya waktu terjadi kerapuhan pada bambu/kayu penyangga dan adanya beberapa kerusakan pada terpalnya, sehingga perlu adanya renovasi menyeluruh terhadap kolam tersebut. Renovasi ini dilakukan oleh para mustahik kelompok berkah lele.

Rohyat (58 th), mengatakan Alasan lain renovasi kolam adalah untuk meningkatkan produktivitas ternak lele terutama dalam hal pembibitan. Hal ini karena cukup banyaknya permintaan dari konsumen dalam bentuk bibit lele. Selain Rohyat, juga terdapat sebanyak 6 orang anggota lain yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan renovasi kolam lele tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pendamping bersama seluruh anggota kelompok bergotong royong dalam merenovasi 12 kolam lele. Renovasi kali ini mengalokasikan penggunakan dana kas kelompok dengan estimasi pengeluaran sebesar 1,5 jutaan dan digunakan untuk membeli keperluan seperti bambu, kayu, paku dan lainnya.

Sebelumnya, kelompok Berkah Lele telah menghasilkan 130 kg lele dengan ukuran 7-8 ekor/ kg dengan harga jual sekitar 17.500/kg. Diharapkan dengan adanya renovasi kolam ini dapat lebih memaksimalkan potensi panen pada masa yang akan datang.

#BAZNAS
#LpemBaznas
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment