Jakarta (04/01). Langkah positif dilakukan oleh kelompok “Kopi Sepeda Barokah” binaan Lembaga Pemberadayan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS. Pasalnya, mengawali awal tahun 2021 mereka membuat Usaha Bersama berbentuk Distribution Center (DC) Kios Kopi yang akan menyuplai aneka produk kopi sachet, minuman perasa, pop mie, gula dan aneka produk lainya sebagai penunjang supply produk bagi pelaku usaha kopi sepeda maupun masyarakat sekitar.

Usaha bersama yang berpusat di Jl. Pintu Air I, Kel. Krukut, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat, akan dikelola oleh Supriani (35) selaku salah satu anggota kelompok kopi sepeda binaan BAZNAS dan akan dibantu oleh anggota kelompok lainnya sekaligus oleh pendamping BAZNAS.

“Saya dan kawan-kawan pedagang kopi lain antusias sekali dalam menyambut hadirnya kios kopi sepeda ini. Selain lebih dekat untuk kulakan, kita juga bisa ikut mengembangkan usaha bersama dengan harapan bisa semakin berkembang dan menjadi semakin besar.” ujar Ani

Pendamping Mustahik Pengusaha BAZNAS, Kevin Arthur menuturkan pendamping akan terus mengarahkan secara perlahan kepada mustahik binaannya dalam hal manajemen pengelolaan, pencatatan keuangan usaha dan teknis operasional usaha kios kopi ini.

“Pendamping memberikan edukasi kepada mustahik bagaimana manajemen stock opname dasar dan pencatatan keuangan usaha. Tentunya membutuhkan effort lebih, namun pendamping yakin secara perlahan mustahik akan memahami.” Ujar Kevin.

Kedepan bersama pendamping akan membahas bagaimana mengembangkan usaha ini agar lebih besar dengan menghadirkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Kelompok Kopi Sepeda BAZNAS kini memiliki 50 mustahik binaan yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment