Karawang (03/10), Kelompok tani binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Dsn. Cikalong Girang, Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang lakukan perencanaan awal musim Tanam Rendeng dan pengujian kandungan unsur hara tanah.

Perlu diketahui bahwa Musim Tanam Rendeng adalah masa musim tanam pada saat musim penghujan baik saat tanah basah akibat pengairan yang bagus atau tanah kering sebagai tadahan air hujan.

Pendamping Program Lumbung Pangan, Agus mengungkapkan tentang perlunya perencanaan awal musim tanam di kelompok tani calon mustahik binaan LPEM BAZNAS dikarenakan waktu yang bertepatan dengan jadwal golongan air (golongan air 3) dimulai sejak 1 November 2020 untuk musim tanam rendeng 2020/2021.

Selain itu, terdapat aktivitas lainnya yaitu menguji kandungan hara tanah di lokasi lahan milik kelompok tani sebagai patokan untuk menentukan dosis pemupukan di musim yang akan berjalan

Kegiatan perencanaan yang dilaksanakan oleh kelompok tani merupakan hal biasa dalam menentukan waktu atau jadwal kegiatan dimulai dari kegiatan pengolahan tanah, gerakan pembersihan saluran air, gerakan kalagumarang dan semai hinngga tanam. Hasil dari perencanaan tersebut diakhiri dengan kesepakatan bersama dan diharapkan petani bisa secara serempak melaksanakan kegiatan budidaya padi.

Kegiatan yang bekerjasama dengan dinas pertanian setempat yaitu Balai Pelatihan Pertanian (BPP) memberikan fasilitas perangkat uji tanah sawah untuk mengetahui kandungan hara tanah yang masih tersisa dan sekaligus rekomendasi pemupukan yang harus diberikan pada saat pemupukan nanti untuk memperoleh hasil yang optimal.

BAZNAS berharap calon-calon Mustahik yang masih tergolong muda ini menjadi penyemangat bagi petani lain dan respon baik dengan teknologi baru dibidang pertanian.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment