Kuningan (05/04). Pembinaan petani terus dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS, salah satunya kepada kelompok tani “Tunas Widara”di Desa Widarasari, Kec. Keramatmulya, Kab. Kuningan. Kelompok tani ini baru saja melakukan penanaman bibit bawang merah bersama petani dan keluarga petani.

Rusdi (66th) salah satu petani bawang yang kini telah melakukan penanaman bibit bawang merah mengungkapkan bahwa bulan April merupakan masa tanam pertama bagi kelompok tani binaan BAZNAS karena bulan ini seluruh petani bawang tengah melakukan penanaman. Ditargetkan masa tumbuh bawang merah akan berlangsung selama 6 bulan atau hingga bulan September 2021 mendatang.

Seluruh petani melakukan tanam bawang merah di area lahan seluas 0,14 ha atau 1400 meter persegi dengan jumlah bibit sebanyak 100 kg. Bibit bawang merah yang digunakan telah diberikan perlakuan terlebih dahulu, supaya meminimalisir resiko kegagalan tumbuh yang di sebabkan hama dan penyakit.

“Sebelum tanam, petani lakukan penyortiran ukuran, pengeringan, pemberian fungisida dan pemotongan daun agar memaksimalkan pertumbuhan tunas,” ujar Rusdi.

Musim tanam bawang pada tahun 2021 sudah mulai berjalan. Waktu tanam sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan sebelumnya. Musim tanam bawang pada tahun ini dimulai dari bulan April sampai bulan Agustus dan puncak musim tanam di bulan Mei dan Juni.

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat

InovasiBerkaryaUmat

LPEMBAZNAS

Lumbung Pangan

Leave a Comment